KONSULTASI OTOMOTIF

Mesin Mobil Panas Sulit Starter

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Minggu, 08/11/2020 17:52 WIB
Mesin mobil panas sulit dinyalakan bisa disebabkan dinamo starter rusak. Lakukan servis berkala komponen penting itu setiap menempuh 75 ribu kilometer Mesin mobil panas sulit distarter bisa disebabkan dinamo starter yang bermasalah. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pertanyaan: Mengapa mesin mobil panas agak susah starter?

Penanya: @hams_imam

Jawaban: Mesin mobil panas sulit starter bisa disebabkan kondisi baterai atau aki yang sudah soak. Sedangkan apabila terjadi saat mesin sudah panas, namun sulit dinyalakan maka penyebabnya adalah dinamo starter rusak.


Lakukan pengecekan komponen dan fungsional dinamo starter. Bila ada kerusakan baiknya lakukan perbaikan dan penggantian peranti.

Kerusakan dinamo starter sulit diprediksi. Umumnya alat secara secara tiba-tiba bermasalah. Karena itu sebaiknya lakukan servis berkala dinamo starter setiap menempuh 75 ribu kilometer, dan jangan menunggu dinamo starter 'ngadat'.

Untuk diingat, komponen dinamo starter bekerja memanfaatkan listrik yang dialirkan oleh baterai. Kemudian, listrik pada aki membuat dinamo menyala.

Provis - Tangerang, Banten (IG Provisautolab)

CNNIndonesia mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial CNNIndonesia.

(mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK