Jumlah Pengadaan Mobil Listrik Pemprov Jabar Masih 'Rahasia'

CNN Indonesia | Senin, 09/11/2020 14:22 WIB
Sejauh ini Hyundai Motors Indonesia belum bisa menyampaikan jumlah pesanan Ioniq Electric yang diinginkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Hyundai Ioniq Electric. (Hyundai Motors Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hyundai Motors Indonesia (HMID) belum dapat menjelaskan bentuk kelanjutan kerjasama antara perusahaan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat terkait proyek kendaraan dinas berupa kendaraan listrik.

Direktur Sales HMID Erwin Djajadiputra yang ditanya soal hal kerja sama itu saat konferensi pers virtual peluncuran dua mobil listrik, Ioniq dan Kona, hanya membenarkan Gubernur Jawa Barat Ridwan menginginkan kendaraan dinasnya dan juga juga Aparatur Sipil Negara Pemprov Jawa Barat yang lain berupa kendaraan listrik.

"Yang pasti Pemprov Jawa Barat atau Pak Ridwan Kamil sudah mengatakan bahwa mobil dinas yang akan digunakan di Jawa Barat pada 2021 mayoritas berbasis listrik," kata Erwin dalam diskusi virtual, pada Jumat (6/11).


Ridwan pada 3 November sudah menyatakan pihaknya tengah menyiapkan regulasi terkait penggunaan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas Pemprov Jabar mulai awal 2021 yang termasuk untuk Gubernur dan Wakil Gubernur.

Dia mengatakan Jawa Barat akan menjadi provinsi pertama yang mewajibkan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas.

Selain itu pria yang kerap dipanggil Emil ini juga mengatakan berencana membeli Ioniq Electric, hatchback yang ia pernah jajal sendiri ke Garut dan tanjakan Nagreg.

Erwin menjelaskan saat ini belum bisa merinci terkait niat Emil tersebut. Dia tidak bisa mengungkapkan berapa banyak unit Ioniq Electric yang akan dipesan Emil untuk Pemprov Jawa Barat.

"Untuk jumlahnya berapa kami belum bisa mengatakan berapa jumlahnya," kata Erwin.

Upaya Emil yang menginginkan mobil listrik sebagai kendaraan dinas pejabat tinggi daerah bisa jadi promosi buat perkembangan kendaraan listrik di dalam negeri. Indonesia dengan sejumlah regulasi yang dirangkai pemerintah pusat serta kementerian berharap menjadi pemain kelas atas industri kendaraan listrik yang menguasai bahan baku sampai manufaktur.

[Gambas:Instagram]

HMI yang kemungkinan mendapat proyek ini bisa jadi bukan hanya untung soal bisnis tetapi juga popularitas. Ioniq Electric adalah mobil listrik termurah yang dijual di pasaran saat ini di Indonesia.

Saat peluncuran HMI mengumumkan Ioniq Electric dijual Rp624,8 juta untuk varian Prime dan Rp664,8 juta buat varian Signature. SUV Kona Electric yang meluncur bareng banderolnya Rp674,8 juta.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK