EDUKASI & FITUR

Ahli: Fungsi Sunroof Bukan untuk Keluarkan Anggota Tubuh

fea, CNN Indonesia | Selasa, 10/11/2020 14:13 WIB
Sunroof berguna sebagai akses matahari dan udara ke kabin mobil, sangat tidak disarankan mengeluarkan tubuh melalui komponen ini. Praktisi keselamatan berkendara tidak membenarkan mengeluarkan anggota tubuh melalui area sunroof mobil.(AFP/SAM PANTHAKY)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sunroof atau atap kaca kerap dimiliki mobil-mobil tertentu, komponen ini bisa dibuka sehingga memungkinkan sebagai akses masuk udara. Namun begitu penumpang mobil tidak disarankan mengeluarkan anggota tubuh untuk alasan keselamatan.

Sunroof adalah fitur pada atap mobil yang biasanya dibuat dari bahan kaca dan dapat dibuka dengan cara digeser. Tujuan utama fitur ini agar penumpang dapat merasakan sinar matahari sekaligus udara, selain itu sunroof juga menawarkan rasa lega dan pemandangan luas di kabin sempit.

Ada berbagai mobil-mobil tertentu yang dibekali sunroof, misalnya Kia Picanto GT dan Seltos, Honda HR-V 1.8 dan CR-V 1.5 Turbo Prestige, Toyota Voxy, Alphard, dan Vellfire, Wuling Almaz, DFSK Glory i-Auto, serta Mitsubishi Pajero Sport dan Outlander Sport.


Indonesian Islamic cleric and the leader of Islamic Defenders Front Rizieq Shihab, center, speaks to his followers upon arrival from Saudi Arabia at Soekarno-Hatta International Airport in Tangerang, Indonesia, Tuesday, Nov. 10, 2020. Thousands of followers of the firebrand cleric joyfully welcomed him at an the airport as he returned home from a 3-year exile in Saudi Arabia after criminal charges including a pornography case were dropped. (AP Photo)Rizieq Shihab berdiri di area sunroof Mitsubishi Pajero Sport. (APPhoto)

Pada berbagai kesempatan tertentu banyak pengguna mobil yang menyalahgunakan sunroof, misalnya seperti terlihat dilakukan pentolan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab saat konvoi dari Bandara Soekarno-Hatta ke Petamburan, Jakarta Barat.

Rizieq yang untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di Indonesia sejak pergi pada 2017 menyambut para pendukungnya dari area sunroof Pajero Sport. Setengah badan Rizieq keluar dari kabin, dia sesekali melambaikan tangan dan berorasi kepada kumpulan massa yang menemaninya selama perjalanan.

Praktisi keselamatan berkendara dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menjelaskan pemilik atau pengguna mobil dengan sunroof mesti memahami fungsi fitur ini dalam koridor keselamatan.

"Sunroof bukan untuk mengeluarkan anggota tubuh, selama berkendara kita paham safety jangan anggota tubuh keluar dari badan mobil. Fix ini enggak aman," katanya saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (10/11).

Sony bilang mobil dengan sunroof kerap dipakai misalnya untuk kegiatan seperti kampanye. Dia bahkan bercerita sempat ada contoh insiden pada seseorang yang menggunakan sunroof saat kampanye.

"Kalau ada benang layang-layang lewat di situ bagaimana? Atau ada tiang listrik, pohon? Karena pernah kejadian di kampanye Pilpres dia muter-muter jalanan, terus balik badan ke arah pendukungnya, begitu hadap depan kena ranting pohon," kata dia.

Upward view at car sunroofSunroof mobil. (iStockphoto/felixmizioznikov)

Menurut Sony, tidak dapat dibenarkan mengeluarkan anggota tubuh melalui sunroof saat mobil dikendarai di jalan umum apapun alasannya.

Salah satu tokoh dunia yang kerap naik mobil untuk bertemu dengan massa adalah pemimpin gereja Khatolik, Paus. Kendaraan Paus untuk aktivitas ini disebut Popemobile yang dirancang dari berbagai basis mobil seperti Seat Panda, Mercedes-Benz M-Class, atau Jeep Wrangler.

Popemobile umumnya berbentuk mobil tanpa atap namun terdapat panel kaca di sekeliling untuk melindungi Paus yang sedang berdiri.

"Nah kalau Paus memang pakai yang terbuka, atau misalnya jip yang dipakai di upacara militer, kan mengeluarkan anggota tubuh juga. Tapi itu kondisinya diatur, misalnya berapa lama, rutenya mana, lah kalau di jalan umum tidak bisa menerapkan itu," kata Sony.

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK