Toyota Indonesia Siap Pasarkan Mobil Listrik

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Rabu, 18/11/2020 16:08 WIB
Toyota akan meluncurkan mobil listrik atau Battery Electric Vehicle (BEV) di Indonesia. Foto: AFP PHOTO / Geoff Robins
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Toyota Astra Motor (TAM) akan meluncurkan kendaraan Battery Electric Vehicle (BEV) merek Lexus di Indonesia. Mobil listrik tersebut dikabarkan akan menyasar segmen premium yang berkocek tebal.

Direktur Marketing Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi mengatakan alasan memasarkan mobil listrik premium karena konsumennya dinilai yang paling siap menyerap mobil listrik.

"Kenapa Lexus? Karena market yang ready di segmen premium, konsumen Lexus itu biasanya punya dua kendaraan atau lebih. Jadi mereka bisa pakai gantian, atau untuk keperluan jarak jauh bisa gunakan lain," kata Anton dalam diskusi virtual, Rabu (18/11).


Menurut Anton meniagakan mobil listrik perlu perlu perhitungan sebab, teknologinya belum menjangkau banyak dikenal dan menjangkau banyak konsumen.

"Dari sisi harga belum affordable atau terjangkau dan perlahan-lahan mudah-mudahan bakal lebih murah. Ke depannya TAM akan terus ekspansi termasuk ke mobil listrik," ucap dia.

Di Indonesia, harga mobil listrik paling murah Rp600 jutaan, yaitu merek Hyundai. Selain itu harga mobil murni listrik di atas Rp1 miliar.

Terkait rencana TAM masih misterius model Lexus yang akan diluncurkan di Indonesia. Namun sejumlah prediksi mengerucut pada Lexus UX 300e yang baru diluncurkan di global.

UX 300e cukup menyita perhatian sebab menyimpan teknologi masa depan. Salah satu yang menarik adalah kemampuan baterainya. Dengan baterai terisi penuh, mobil bisa melesatkan hingga sejauh 400 km. Di Eropa mobil ini dipasarkan mulai dari Rp766 juta.

TAM masih menyimpan waktu peluncurannya. Namun rumors beredar mobil listrik perdana Lexus di Indonesia tersebut akan meluncur bulan ini.

Kapan mobil listrik dengan logo Toyota masuk RI?

Terkait kepastian meluncur mobil murni listrik dengan merek Toyota, Presiden Direktur Toyota Astra Motor (TAM) Susumu Matsuda bilang semua akan dilakukan secara bertahap.

Wakil Presiden TAM Henry Tanoto menambahkan sebetulnya sudah lebih dari satu dekade Toyota menjual mobil ramah lingkungan di Indonesia, namun dalam bentuk hybrid, yaitu Prius hybrid.

Penjelasan Henry Toyota pertama kali menghadirkan kendaraan hybrid pada 2009 melalui Prius dan pada 2010 melalui Lexus LS. Kata Henry sejauh ini, tidak kurang delapan model kendaraan hybrid sudah dipasarkan di Indonesia dari berbagai model.

"Dari tahun ke tahun penerimaannya juga makin baik. Hingga Oktober 2020, total penjualan elektrifikasi TAM sudah melebihi angka 3.300 unit," ucap Henry.

Di Jepang, Toyota punya mobil Battery Electric Vehicle (BEV) yang dikenalkan pada ajang Tokyo Motor Show 2019. Mobil mulai dijual di Jepang pada pertengahan 2020.

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK