Tumbuh Bersama, Gojek Gencar Dukung Digitalisasi UMKM

Gojek, CNN Indonesia | Kamis, 19/11/2020 08:00 WIB
Gojek menegaskan kembali komitmennya untuk terus mendukung pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui digitalisasi. Gojek menegaskan kembali komitmennya untuk terus mendukung pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui digitalisasi. (Foto: Gojek)
Jakarta, CNN Indonesia --

Di momen ulang tahunnya yang ke-10, Gojek menegaskan kembali komitmennya untuk terus mendukung pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui digitalisasi.

Bagi Gojek, digitalisasi memegang peranan penting untuk mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara, sebagai bagian dari adaptasi menghadapi tantangan dan peluang di masa sekarang. Terlebih di masa pandemi yang telah mengubah kebiasaan hidup masyarakat untuk lebih banyak beraktivitas online.

Dukungan Gojek terhadap UMKM, tercermin dari tingginya antusiasme pelaku UMKM untuk bergabung dengan ekosistem Gojek. Tahun ini jumlah mitra merchant UMKM dalam ekosistem Gojek berjumlah 900.000, meningkat 80 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu.


Peningkatan signifikan ini tak lepas dari inovasi teknologi terbaru Gojek yakni GoBiz self-serve onboarding yang memungkinkan UMKM mendaftar secara mandiri menjadi bagian dari ekosistem Gojek.

"Kami akan terus memperkokoh komitmen dalam mendukung pertumbuhan UMKM dengan memberikan berbagai solusi komprehensif termasuk melalui layanan pembayaran dan finansial yang akan membantu usaha mereka untuk bertahan dan berkembang serta menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi digital di Asia Tenggara," ujar Co-CEO Gojek Andre Soelistyo.

Di luar fitur baru GoBiz self-serve onboarding, komitmen dalam mendukung digitalisasi UMKM untuk #MelajuBersamaGojek tercermin juga dengan dihadirkannya one-stop-solution yang dapat digunakan oleh para pelaku UMKM untuk memudahkan layanan dan transaksi mereka secara digital.

Memperluas Akses UMKM

Di samping itu, Gojek juga melakukan berbagai inisiatif, termasuk bekerja sama dengan pihak ketiga untuk memperluas akses bagi pelaku UMKM menawarkan layanan yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan konsumen.

Sebagai contoh, layanan belanja sehari-hari, GoMart dan GoShop, yang menggandeng pedagang pasar tradisional, minimarket dan warung kelontong, semakin dikembangkan di awal 2020 untuk menanggapi kebutuhan masyarakat di masa pandemi.

Kedua layanan ini mengalami peningkatan GTV sebesar 500 persen sejak awal pandemi, dan telah membuka peluang bagi lebih banyak UMKM untuk mulai berjualan online.

Pada kesempatan yang sama, Co-CEO Gojek Kevin Aluwi menekankan pentingnya inovasi teknologi serta operasional bisnis yang efisien. Dua hal ini menurutnya menjadi faktor penting yang membuka jalan bagi Gojek untuk dapat terus menciptakan dampak positif bagi ekosistem, termasuk di dalamnya mitra-mitra UMKM.Sehingga kemudian dapat berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia dan Asia Tenggara di tahun-tahun mendatang.

"Di ulang tahun ke-10 ini, saya bangga dan bersyukur dengan pencapaian Gojek hingga saat ini, juga dengan cara kami merespons dan beradaptasi di tengah situasi sulit, melalui inovasi dan kerja keras dari seluruh tim di Gojek. 2020 adalah tahun kami belajar banyak hal, sekaligus mencapai banyak hal yang membawa perusahaan jauh lebih kuat secara fundamental. 2021 akan menjadi tahun yang lebih baik bagi Gojek dan mitra-mitra kami," ujarnya optimis.

(asa)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK