Twitter Suspend Akun FPI

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Jumat, 20/11/2020 11:47 WIB
Akun Twitter Front Pembela Islam (FPI) dengan alamat @DPPFPI_ID tidak bisa dibuka sejak Jumat (20/11) pukul 11.35 WIB. Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma
Jakarta, CNN Indonesia --

Akun Twitter Front Pembela Islam (FPI) dengan alamat @DPPFPI_ID tidak bisa dibuka sejak Jumat (20/11) pagi. Dalam akun twitter FPI tertulis akun tersebut telah di suspend.

Pantauan CNNIndonesia.com terakhir pukul 11.35 WIB, akun tersebut masih tidak bisa diakses.


"Account suspended. Twitter suspends accounts which violate the Twitter Rules," seperti yang dilihat oleh CNNIndonesia.com di laman akun @DPPFPI_ID, Jumat (20/11).

Seluruh percakapan di lini masa akun FPI berwarna putih dan tidak terlihat. Termasuk gambar profil FPI juga tidak terlihat hanya berwarna abu-abu.

Tangkapan layar dari akun twitter @DPPFPI_ID yang disuspend oleh Twitter pada Jumat (20/11).Tangkapan layar dari akun twitter @DPPFPI_ID yang disuspend oleh Twitter pada Jumat (20/11). (Screenshot via Twitter)

Sebelumnya, Anggota DPD RI dari Jakarta Jimly Asshiddiqie melalui akun twitternya @JimlyAs mengkritik video Imam Besar FPI Rizieq Shihab. Ia menautkan sebuah video yang di dalamnya terdapat ceramah Rizieq.

Menurut Jimly ceramah Rizieq mengandung provokasi dan mengandung ujaran kebencian. Hal ini, kata Jimly, menimbulkan permusuhan.

"Ini contoh ceramah yang bersifat menantang & berisi penuh kebencian & permusuhan yang bagi aparat pasti harus ditindak. Jika dibiarkan provokasinya bisa meluas & melebar. Hentikan ceramah seperti ini, apalagi atasnamakan dakwah yang musti dengan hikmah & mau'zhoh hasanah," tulis Jimly.

Pihak Twitter Indonesia yang dihubungi sampai saat ini tidak memberikan komentar.

Sebelumnya, Twitter mengunci akun dan menghapus logo FPI pada foto profil @DPPFPI_ID seiring kepulangan pentolan FPI Rizieq Shihab ke Indonesia pada Selasa (10/11).

Alasan penguncian akun dan penghapusan logo karena akun @DPPFPI_ID dianggap menyalahi aturan media sosial itu.

Twitter menyampaikan, pengguna akun @DPPFPI_ID bisa mengajukan keberatan jika merasa penguncian akun merupakan kesalahan. Akun @DPPFPI_ID pun diarahkan untuk menghubungi tim bantuan Twitter.

Front Pembela Islam (FPI) melaporkan akun @DPPFPI_ID telah dikunci Twitter karena dianggap melanggar kebijakan terkait penggunaan logo FPI pada foto profil.

(ctr/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK