KONSULTASI OTOMOTIF

Penyebab Indikator ABS Menyala

CNN Indonesia | Minggu, 22/11/2020 15:17 WIB
Jangan sepelekan lampu indikator ABS yang menyala pada panel instrumen. Indikator ABS ada di panel instrumen. (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pertanyaan: Apa yang menyebabkan tanda indikator ABS menyala pada mobil matic?

Penanya: @senjaa.jinggaa

Jawaban: Mobil keluaran terbaru umumnya sudah dilengkapi sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS). ABS merupakan fitur keselamatan penunjang saat berkendara.


Rangkaian komponen ABS bisa saja mengalami kerusakan atau tidak berfungsi normal, misalnya ditandai dengan mennyalanya lampu indikator pada panel instrumen. Indikatornya berbentuk huruf ABS yang diapit lengkungan.

Jika lampu indikator ini menyala, ada beberapa penyebabnya, seperti adanya kerusakan di fungsi pengereman, ini bisa karena minyak rem yang sudah berkurang, minyak rem berkurang pertanda bisa disebabkan ada kebocoran. Coba dicek di area mana terjadinya kebocoran tersebut.

Penyebab lain adalah kanvas rem yang sudah tipis, segera ganti agar tidak merusak disc brake.

Penyebab lainnya bisa juga karena sensor rem yang sudah usang atau pemasangan yang kurang pas. Kemungkinan lain adalah karena terjadinya kerusakan perangkat ABS, ini bisa terjadi di module ABS-nya.

Jangan sepelekan lampu indikator ABS yang menyala. Segera bawa mobil ke ahlinya untuk dilakukan pengecekan.

Provis - Tangerang, Banten (IG Provisautolab)

CNNIndonesia mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial CNNIndonesia.

(mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK