Pembaruan Software PS5 Bakal Sediakan Fitur VRR

CNN Indonesia | Senin, 23/11/2020 03:40 WIB
Sony menyebut konsol PS5 bakal dilengkapi dengan pembaruan software untuk pakai fitur VRR. Playstation 5 (AFP/ED JONES)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sony mengkonfirmasi bahwa konsol gim PS5 akan dilengkapi dengan fitur visual Variable Refresh Rate (VRR). Fitur itu akan aktif dalam setelah pembaruan sistem perangkat lunak via online di masa mendatang.

Dilansir Techradar, informasi ini diketahui dari laman Frequently Asked Questions (FAQ) dalam situs resmi PlayStation. Sony menjelaskan bahwa perangkat keras PS5 mendukung VRR melalui HDMI 2.1.

"Setelah pembaruan perangkat lunak sistem di masa mendatang, PS5 pemilik akan dapat menggunakan fitur VRR dari TV yang kompatibel saat memainkan game yang mendukung VRR," kutipan keterangan Sony.


VRR merupakan fitur yang cukup diinginkan oleh pengguna. Terutama pada konsol dengan frekuensi gambar berkualitas tinggi, mengingat VRR memungkinkan televisi menyesuaikan kecepatan refresh secara langsung.

Selain itu, manfaat dari VRR adalah bisa menghilangkan gambar bergerak yang patah-patah dan tidak nyambung. Dengan begitu gambar akan bergerak lebih lancar ketika dimainkan oleh pengguna.

Meski demikian, Sony belum mengatakan secara pasti kapan pembaruan perangkat lunak yang untuk mengaktifkan fitur VRR. Namun, mereka juga tidak ingin menunggu terlalu lama untuk pembaruan.

Bila sudah aktif, VRR membutuhkan televisi yang kompatibel untuk mendukung fitur tersebut secara optimal. Bahkan gim yang dimainkan juga harus kompatibel untuk mendukung VRR.

Sony dijadwalkan meluncurkan PlayStation 5 (PS5) di Indonesia pada 22 Januari 2021. PS5 Digital Edition akan dijual dengan harga Rp7.299.000 dan PS5 dengan drive disk Ultra HD Blu-ray akan tersedia dengan harga Rp8.799.000.

Sony mengatakan semua model PS5 menggunakan prosesor yang sama, yakni x86-64-AMD Ryzen 'Zen 2'. PS5 diklaim mendukung gambar 4K dan memiliki SSD 825GB berkecepatan sangat tinggi.

PS5 memiliki mesin grafis berbasis AMD Radeon RDNA 2 dengan frekuensi variabel hingga 2,23 GHz. Sistem memori konsol itu GDDR6 16 GB. Selain itu, kedua model PS5 diklaim menawarkan sensasi yang mendalam melalui DualSense Wireless Controller dan kemampuan audio 3D.

Sebelum peluncuran, Sony mengumumkan konsumen di Indonesia bisa melakukan pre-order pada tanggal 18 Desember 2020. Waktu pre-order bervariasi tergantung pada jam operasi distributor.

Sony juga menjual beragam aksesori PS5, seperti stick seharga Rp1,2 juta, headset seharga Rp1,7 juta, kamera HD senilai Rp1 juta,remote untuk navigasi film dan layanan streaming seharga Rp500 ribu, Charging Station seharga Rp500 ribu, dan gim dengan harga Rp700 ribuan hingga Rp1 jutaan.

(adp/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK