Moge BMW R18 Resmi Meluncur, Harga Tembus Rp1 Miliar

CNN Indonesia | Selasa, 24/11/2020 20:28 WIB
Secara tampilan, BMW R18 membawa sisi klasik dari nilai historis BMW R5 misalnya lewat rangka double-loop dan mesin boxer besar. BMW R18 mendarat di Indonesia, Selasa (24/11). (Foto: Dok. Nusantara Group)
Jakarta, CNN Indonesia --

BMW Motorrad resmi meluncurkan model cruiser pertama R18 di Indonesia. Secara global motor gede atau moge ini sudah lebih dahulu meluncur April 2020, sedangkan model konsepnya diperkenalkan sejak tahun kemarin.

"Kami sangat antusias untuk dapat memboyong cruiser terbaru ini ke Indonesia," kata Joe Frans selaku CEO BMW Motorrad Indonesia mengutip keterangan tertulisnya, Selasa (24/11).

Secara tampilan, BMW R18 membawa sisi klasik dari nilai historis BMW R5 misalnya lewat rangka double-loop, tangki tear-drop, gardan terlihat, serta cat berpola garis-garis layaknya pada BMW R5, serta desain bentuk mesin Boxer besar.


BMW R 18 dilengkapi mesin 'Big Boxer' berkapasitas 1.802 cc pendingin udara tradisional dan transmisi manual enam percepatan. Konfigurasi mesin dua silinder diklaim menghasilkan 91 hp pada 4.750 rpm dengan torsi puncak 157 nm di rentang putaran 2.000 hingga 4.000 rpm.

"Hadirnya BMW R18 ini tentu menjadi citarasa yang unik dibanding lini yang telah ada, dan juga ini mesin boxer terbesar yang pernah ada," ungkap Joe.

Untuk memaksimalkan pengereman, motor ini dilengkapi rem cakram ganda di depan dan tunggal di belakang, dan dipadukan kaliper empat piston untuk tiap remnya.

Terdapat juga tiga mode berkendara pada motor ini yakni Rain, Rock, dan Roll. Ketiga mode ini memiliki fungsi untuk mengatur akselerasi, cara kerja abs, ASC dan fitur keamanan lainnya.

Motor ini juta dilengkapi fitur engine drag torque control (MSR) sebagai peranti standar pada R18. Kemudian Automatic Stability Control (ASC) untuk mengatur sinkronisasi putaran roda belakang dan roda depan, dan reverse assist yang membantu memundurkan motor saat sedang parkir.

R18 dipasarkan dengan harga Rp969 juta off the road, namun jika sudah berstatus on the road atau dengan perpajakan, harga motor tersebut otomatis bakal mencapai lebih dari Rp1 miliar.

(ryh/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK