Aplikasi Android Bakal Bisa Dimainkan di Windows 10 pada 2021

CNN Indonesia | Jumat, 27/11/2020 08:35 WIB
Microsoft berencana membuat aplikasi Android bisa dimainkan di Windows 10 tanpa bantuan emulator pada 2021. Ilustrasi. Microsoft berencana untuk membuat Windows 10 bisa memainkan aplikasi Android tahun depan (CNN Indonesia/Marry Marsela)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aplikasi Android dikabarkan bakal bisa langsung dijalankan di perangkat Windows 10 milik Microsoft tahun depan.

Tapi, aplikasi Android ini bukan berjalan di Windows dengan bantuan emulator seperti yang saat ini jamak dilakukan.

Nantinya, pengguna Windows bisa langsung mengunduh aplikasi Android lewat Microsoft Store. Sehingga, pengguna tak perlu memasang perangkat lunak (software) tambahan seperti Bluestack atau emulator besutan Microsoft, Your Phone.


Diperkirakan, Microsoft ingin pengalaman menggunakan aplikasi Android di Windows Phone bakal lebih terintegrasi. Cara ini disebut meniru kebijakan sistem operasi Google, Chrome OS. Sebab, di sistem operasi itu pengguna bisa langsung memasang aplikasi Android.

Namun, belum diketahui apakah kemampuan ini juga akan diimplementasikan ke Windows Subsystem untuk Linux atau tidak.

Masih menjadi pertanyaan juga soal dukungan Google Play. Sebab, kemungkinan Google tak akan memberi izin akses ke Play Store dari perangkat Windows. Pasalnya banyak aplikasi Android yang utuh dukungan Google Play.

Tanpa akses ke Google Play, maka Microsoft kemungkinan harus membuat toko aplikasi sendiri seperti dilakukan Samsung dan Huawei, seperti dilansir SlashGear.

Masih belum jelas tanggal pasti implementasi rencana ini. Belum jelas juga apakah rencana ini bakal berlaku untuk produk Windows yang berjalan di perangkat berbasis ARM atau tidak. Pasalnya, semua aplikasi Android memang sudah dibangun untuk perangkat ARM.

Perubahan kebijakan ini dilakukan setelah Chief Product Officer Microsoft dialihkan ke Panos Panay. Di bawah kepemimpinannya, Microsoft berencana untuk melakukan pembaruan Windows 10 besar-besaran pada semester kedua 2021. Mereka akan mengenalkan fitur papan atas dan memperbarui tampilan sistem operasi.

Melansir Windows Central, selain memasukkan aplikasi Android, Microsoft juga akan memasang emulasi aplikasi Windows 10 versi x-86 64-bit untuk perangkat ARM.

Sehingga, aplikasi Windows yang ada di desktop saat ini bisa digunakan juga di perangkat ARM seperti Surface Pro X.

(eks)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK