KONSULTASI OTOMOTIF

Benarkah Mobil Keluaran Terbaru Tak Bisa Setel Klep?

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Minggu, 29/11/2020 21:26 WIB
Penjelasan mobil keluaran terbaru wajib setel klep mesin secara berkala. Setel klep mesin mobil keluaran terbaru. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pertanyaan: Apakah mobil keluaran terbaru tidak bisa setel klep?

Penanya: @mhroziii

Jawaban: Ini tidak 100 persen tepat, sebab hingga saat ini masih ada mobil-mobil keluaran terbaru yang bisa dilakukan penyetelan celah klep.


Yang tidak bisa dilakukan penyetelan celah klep hanyalah mobil-mobil yang sudah menggunakan valve adjuster, biasa dikenal juga dengan hydraulic latch adjuster (HLA).

Sedangkan untuk mobil terkini yang mengandalkan setelan klep manual adalah semua mobil Honda dan juga Mitsubishi Pajero Sport, dan ini sebaiknya dilakukan penyetelan secara berkala, misalnya setiap 20 ribu kilometer (km).

Selain itu ada lagi yang mempergunakan valve lifter, pada tahun 1980an dikenal sebagai shim klep, ini juga bisa disetel celah klepnya.

Penyetelan celah klep untuk yang tipe valve lifter ini tidak mudah untuk dikerjakan, dan sering salah kaprah dikatakan sebagai tidak bisa disetel.

Celah klep untuk yang menggunakan valve lifter juga cukup sering ditemukan yang kurang akurat, ini adalah sifat dari hasil pengerjaan di pabrikan untuk mobil produksi massal.

Valve lifter ini biasanya mempunyai ukuran dengan jarak satu dengan yang lain per 0,02 mm, namun kenyataannya bisa ditemukan yang selisih celah klepnya di atas 0,10 mm.

Karena tidak mudah untuk dikerjakan, dan pemilik mobil tidak paham mengenai hal ini, sering kali valve lifter tidak dilakukan penyesuaian walaupun celah klep bawaan pabrik kurang presisi.

Provis - Tangerang, Banten (IG Provisautolab)

CNNIndonesia mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial CNNIndonesia.

(mik)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK