TIPS OTOMOTIF

3 Tips Berkendara Sepeda Motor saat Hujan

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 30/11/2020 10:39 WIB
Berkendara di tengah hujan cukup bahaya, namun semua bisa diatasi bila pengendara tahu cara mengendarai motor yang baik di tengah hujan. Tips berkendara sepeda motor saat hujan deras. (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Musim hujan bukan jadi halangan untuk tetap beraktivitas. Karena itu kita harus tetap produktif selama musim hujan.

Ada tiga hal yang dapat menjadi panduan pengendara motor kala memasuki musim hujan. Hal ini penting diketahui sebab berkendara di tengah hujan cukup bahaya, namun semua bisa diatasi bila pengendara tahu cara mengendarai motor yang baik di tengah hujan.

Manager Public Relations, YRA & Community Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro menjelaskan ketiga poin itu meliputi pengendara, kendaraan, serta lingkungan.


Terkait pengendara, Anton mengatakan pengendara motor harus mempersiapkan berbagai hal yang dapat menjadi perlengkapan berkendara kala hujan.

Perlengkapan itu yakni jas hujan yang sesuai dengan ukuran badan model setelan. Model jas hujan ini dianggap lebih aman karena tidak ada bagian yang berkibar sehingga lebih aman untuk diri sendiri dan pengendara lain.

Disarankan menggunakan helm dengan visor bening untuk memudahkan pandangan. Gunakan juga sepatu anti air atau karet dan tidak disarankan menggunakan sandal agar perlindungan kaki lebih maksimal. Pengendara juga disarankan menggunakan perlengkapan berkendara berwarna terang agar mudah terlihat pengendara lain saat curah hujan tinggi.

"Lalu saat berkendara hindari melakukan pengereman mendadak dan keras karena kondisi hujan cengkeraman ban ke jalan berkurang. Lalu jaga jarak aman dengan kendaraan di sekitar karena saat hujan membutuhkan jarak pengereman yang lebih panjang," kata Anton dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/11).

Poin kedua yaitu kendaraan. Anton menjelaskan mengenai kendaraan, pemotor harus memastikan sejumlah komponen dalam kondisi baik.

Misalnya ban yang tidak gundul dan tekanan angin sesuai rekomendasi pabrikan. Pastikan juga kondisi rem baik atau pakem. Kemudian sistem penerangan dalam keadaan baik sehingga optimal saat digunakan ketika cuaca gelap yang membuat pencahayaan berkurang.

Ketiga, pengendara motor perlu memahami kondisi lingkungan. Kenali kondisi jalan apakah rusak, berlubang, atau banjir karena itu berpotensi bahaya saat dilewati. Namun bila terjebak di tengah hujan lebat baiknya menepi di jalur aman.

"Dipahami juga jangan mendadak jika menepi untuk menggunakan jas hujan untuk menghindari bahaya misalnya tertabrak oleh pengendara yang di belakang. Jika terdapat genangan air yang cukup tinggi disarankan tidak memaksa untuk melewati atau menerobos, karena akan mengganggu kinerja mesin motor," tutup Anton.

(ryh/mik)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK