TIPS OTOMOTIF

Cara Cepat Pengendara Tak Terjebak Kebakaran SPBU

CNN Indonesia | Selasa, 01/12/2020 15:27 WIB
Hal pertama yang mesti dipahami adalah jangan panik, lalu cermati situasi untuk menjauh dari risiko kebakaran. Kebakaran terjadi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang berlokasi di Jalan M.T. Haryono, Jakarta, Selasa (1/12). (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

SPBU yang merupakan area berkaitan bahan bakar merupakan area yang berisiko kebakaran. Pengendara yang mengisi bahan bakar di tempat ini dituntut selalu melakukan prosedur aman sekaligus tetap waspada agar cepat mengantisipasi kejadian berbahaya.

Insiden kebakaran SPBU terjadi pada hari ini di SPBU MT Haryono, Jakarta Selatan sekitar pukul 11.30 WIB. Penyebabnya adalah kebakaran mobil tangki saat melakukan pengisian ulang bahan bakar.

Petugas Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan yang mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran ke lokasi telah mengamankan situasi dan memastikan tidak ada korban jiwa.


Unit Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina (Persero) Eko Kristiawan menjelaskan pihaknya masih menginvestigasi penyebab pasti kebakaran. SPBU MT Haryono saat ini masih ditutup atas alasan keselamatan.

Praktisi keselamatan berkendara dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menjelaskan pengemudi yang berada di area SPBU mesti selalu cermat memahami situasi di sekitar. Cermat disebut bisa membantu mengamankan diri terhindar dari risiko bahaya, termasuk kebakaran.

"Masalahnya orang Indonesia, ngeliat kebakaran itu pasti berhenti, bukan menjauh. Ini SPBU yang terbakar jadi kita sudah seharusnya menjauh," kata Sony dalam sambungan telepon, Selasa (1/12).

Sony mengatakan jika pengemudi kebetulan berada di area SPBU yang mengalami kebakaran, harus segera menjauh dari sumber api. Jika tak memungkinkan menjauh bersama kendaraan disarankan meninggalkan kendaraan kemudian berlari menjauh sebab sambaran api bisa berlangsung dengan cepat.

"Pertama jangan panik lalu perhatikan keadaan di sekitar di mana kita bisa keluar dengan segera. Kalau panik biasanya malah menyulitkan kita. Perhatikan juga kita berada area cukup aman atau tidak jika harus membawa kendaraan keluar SPBU," kata dia.

Ia menambahkan menjauh menjadi solusi karena dari kebakaran SPBU yang dikhawatirkan adalah ledakan.

"Memang ya itu mobil tangki pasti dirancang supaya tidak meledak, tapi tetap saja ini B3 [bahan berbahaya beracun] yang mudah meledak. Jadi kalau ada di situ ya menjauh," katanya.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK