Toyota Tanggapi Viral Avanza Gerak Roda Depan di Medsos

CNN Indonesia | Kamis, 03/12/2020 10:01 WIB
Sebuah foto di media sosial yang dipercaya Avanza FWD sedang jadi bahan perbincangan netizen. Ilustrasi Toyota Avanza. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Konten media sosial berupa foto yang dianggap merujuk pada Avanza dengan penggerak roda depan sedang jadi perhatian netizen. Toyota Astra Motor (TAM) ikut merespons hal ini meski tidak memberikan konfirmasi apapun.

Rancangan awal Avanza yang lahir pada 2003 merupakan penggerak roda belakang (rear wheel drive/RWD), ini mengikuti desain Kijang yang sebelumnya sudah jadi formula Toyota menggaet banyak konsumen.

Salah satu ciri RWD yakni terdapat gardan atau differential yang terdapat di antara kedua roda belakang. Fungsi komponen ini untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke kedua roda belakang sekaligus membuat masing-masing roda dapat berputar dengan kecepatan yang berbeda.


Fungsinya gardan untuk membantu mobil saat belok dan mengurangi ban selip.

Pada foto yang viral di salah satu grup komunitas di Facebook menunjukkan Avanza/Xenia yang tidak terlihat memiliki gardan di belakang. Ini menyulut asumsi bahwa ada pengembangan mobil terlaris di Indonesia ini menuju ke rancangan penggerak roda depan (front wheel drive/FWD).

Direktur Marketing Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi yang dihubungi CNNIndonesia.com merespons foto itu. Namun dia malah mempertanyakan keaslian dan informasi tersebut.

"Maaf info dari mana," katanya melalui pesan singkat, Rabu (2/12).

Anton menolak lebih lanjut berbicara soal kabar tersebut. Ia juga tak mau berbicara banyak mengenai nasib ubahan Avanza pada masa mendatang.

"Saya tidak bisa komentar untuk future model," kata Anton.

Sebelum facelift Avanza meluncur pada 2019, TAM sempat membahas mengenai pertimbangan mengubahnya menjadi FWD. Meski begitu desain seperti ini tak pernah menjadi kenyataan.

TAM selama ini menilai RWD lebih cocok untuk Avanza yang merupakan kendaraan fungsional Low Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan citra sebagai pengangkut beban. Selain itu RWD juga dikatakan sesuai kondisi jalan-jalan berbagai daerah di Indonesia yang punya karakter tanjakan dan turunan serta tidak mulus.

Walau begitu FWD pada Avanza juga dipandang bisa punya keunggulan, misalnya pada akselerasi awal, kenyamanan, keiritan bahan bakar, dan lain sebagainya. Konsep FWD sudah digunakan pada pesaing Avanza dan Xenia, yakni Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, dan Mitsubishi Xpander.

"Karena kalau yang kami tahu banyak produk low MPV itu berubah menjadi front wheel drive. Nah kalau berubah menjadi itu memang keunggulan akselerasi awal yang kebih bagus," kata Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto pada Juni 2018.

"Kuda bebannya atau syarat (sebagai) MPV ngangkut barang lebih banyak, itu akan lebih kurang dibandingkan yang rear wheel drive. Nah itu menjadi perhatian kami," katanya kemudian.

[Gambas:Instagram]

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK