Inggris Pilih Pelat Nomor Hijau untuk Mobil Listrik

fea, CNN Indonesia | Kamis, 03/12/2020 19:17 WIB
Pelat nomor khusus mobil listrik di Inggris dengan warna hijau berlaku mulai 8 Desember. Pelat nomor hijau untuk mobil listrik. (Nissan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Masing-masing negara punya kebijakan sendiri soal pelat nomor kendaraan listrik. Misalnya Indonesia memilih aksentuasi warna biru mirip seperti di Korea Selatan, namun baru-baru ini otoritas di Inggris dikabarkan menentukan warna hijau.

Auto Express mengabarkan pelat nomor hijau untuk mobil listrik di Inggris mulai berlaku pada 8 Desember. Pelat nomor di Inggris berwarna latar putih dengan tulisan hitam, sementara warna hijau akan diletakkan di bagian kanan.

Pelat nomor hijau ini sebenarnya sudah diperkenalkan oleh Kementerian Transportasi pada Juni. Tujuannya untuk meningkatkan citra mobil listrik dan juga memudahkan keistimewaan tertentu yang akan didapat pemilik.


Program ini juga mendukung keputusan Inggris yang bakal melarang penjualan mobil bermesin pembakaran dalam mulai 2030.

Pelat nomor khusus buat mobil listrik dibuat khusus agar mudah diidentifikasi. Beberapa keistimewaan yang sudah disiapkan otoritas setempat untuk mobil listrik yakni biaya parkir lebih murah dan akses masuk ke zona udara bersih.

Konsep Pelat Nomor BaruPelat nomor biru untuk kendaraan listrik di Indonesia. (Korlantas Polri)

Pelat nomor biru di Indonesia digunakan untuk mobil listrik dan motor listrik, identitas registrasi kendaraan itu sudah berlaku sejak pertengahan tahun ini.

Beberapa unit kendaraan listrik di Indonesia sudah menggunakan pelat nomor biru, buat yang masih pakai desain konvensional tetap berlaku dan akan diganti setelah pembaruan STNK periode 5 tahun.

(fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK