5 Fitur Baru untuk Ponsel Android

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Jumat, 04/12/2020 20:22 WIB
Fitur baru Android akan tersedia untuk pengguna di 36 negara. Fitur baru Android. (Foto: Screenshot via Blog Google)
Jakarta, CNN Indonesia --

Google mengumumkan ponsel Android akan menerima lima pembaruan dalam waktu dekat yaitu Gboard, Google Play Books, Voice Access, Google Maps, Android Auto, dan Nearby Share.

Menurut The Verge, Android Auto akan disediakan untuk pengguna di 36 negara. Salah satu fitur yang menarik adalah emoji yang memungkinkan pengguna menggabungkan emoji favorit mereka untuk membuat emoji baru yang dapat dibagikan sebagai stiker.

Berikut lima fitur baru Android:


1. Google Maps

Google memberikan alat baru pada Google Maps yaitu 'Go' yang memungkinkan Anda menavigasi ke tempat favorit dengan cepat tanpa memasukkan alamatnya.

Cara dengan menyematkan alamat kantor atau sekolah maupun tempat favorit Anda, lalu tab 'Go' akan menampilkan arah, kondisi lalu lintas serta perkiraan waktu kedatangan.

2. Gboard

Dilansir Tech Crunch, Google menyediakan lebih dari 14 ribu emoji atau stiker yang terdapat di Dapur Emoji atau Emoji Kitchen.

Emoji Kitchen sudah tersedia di Gboard beta, perusahaan yang digawangi Sundar Pichai ini tersedia di Android 6.0 atau yang lebih tinggi.

3. Google Play Books

Google mengatakan bahwa pihaknya menyediakan narator baru yang dibuat secara otomatis, saat ini narator masih berbahasa Inggris dan akan mengekspansi bahasa lain awal 2021.

4. Voice Access

Google menghadirkan navigasi Voice Access yang disempurnakan, yang sudah tersedia di Android 11, ke semua perangkat yang menjalankan Android 6.0 dan lebih tinggi secara global.

Dengan bantuan pembelajaran mesin, Voice Access memungkinkan elemen UI seperti tombol dan label lebih mudah dimanipulasi dengan suara.

5. Nearby Share

Fitur ini juga akan segera mendukung berbagi langsung aplikasi Play Store dengan pengguna Android terdekat.

Aplikasi dikirim melalui metode apa pun yang dianggap paling cepat oleh kedua ponsel Anda entah melalui Bluetooth, WebRTC, atau Wi-Fi peer-to-peer.

Untuk berbagi aplikasi dari Google Play, Anda harus membuka menu "Bagikan Aplikasi" di "Kelola Aplikasi & Game" dan pilih aplikasi yang akan dibagikan.

(din/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK