Pilkada Serentak 2020 di Tengah Pandemi, Netizen Riuh Golput

Dini Nur Asih, CNN Indonesia | Rabu, 09/12/2020 08:44 WIB
Hasil penelusuran CNNIndoesia.com, tak sedikit cuitan soal Golput, namun ada juga yang tidak pada Pilkada Serentak 2020 yang digelar hari ini, Selasa (9/11). Netizen riuh soal Golput pada Pilkada Serentak 2020 di media sosial Twitter. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pilkada Serentak 2020 yang digelar di tengah pandemi Covid-19 kembali menarik perhatian masyarakat yang gemar bermedia sosial. Netizen ruih mencuitkan Golput (sikap untuk tidak memilih dalam Pemilu).

Pantauan CNNIndonesia.com, tak sedikit cuitan soal Golput, namun ada juga yang mendorong agar tidak Golput pada Pilkada 2020 yang digelar hari ini, Selasa (9/11).

Salah satu netizen yang menerikan Golput yaitu pemilik akun @eshaadwi.


Namun ada juga yang memutuskan untuk golput karena tidak tahu siapa saja kandidat paslon di daerahnya.

Di satu sisi, masih ada warganet yang tetap mengambil hak suara mereka.

Seperti akun @happysadgurlll yang memperlihatkan tinta ungu, yang menandakan bahwa dia sudah memungut hak suara di daerahnya.

Ada sekitar 100,3 juta orang yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada 2020. Dari jumlah tersebut, KPU menargetkan tingkat partisipasi pemilih sebesar 77,5 persen.

Pemungutan suara di TPS dimulai pada pukul 07.00-13.00. Bagi pasien Covid-19, bisa menggunakan hak suaranya di atas pukul 12.00. Mereka akan didampingi petugas yang datang ke tempat perawatan atau isolasi.

Pilkada 2020 adalah pesta demokrasi pertama di Indonesia yang digelar di tengah pandemi. KPU menyiapkan sejumlah peraturan guna memastikan tahapan pilkada berjalan dengan aman.

Ada perbedaan dalam prosesi pemungutan dan penghitungan suara pada pilkada kali ini, yakni harus diiringi dengan protokol kesehatan pencegahan virus corona.

Misalnya, setiap pemilih harus memakai masker dan dicek suhu tubuhnya terlebih dahulu. Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS juga wajib memberikan sarung tangan plastik kepada pemilih serta menyediakan fasilitas cuci tangan.

(din/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK