KONSULTASI OTOMOTIF

Penyebab Suara Berisik Mengganggu pada Mesin Mobil

CNN Indonesia | Minggu, 20/12/2020 14:05 WIB
Penyebab mesin mobil berisik bisa bermacam-macam, gejala kerusakan bisa dicari tahu namun jika ingin pasti lebih baik konsultasikan ke mekanik berpengalaman. Ilustrasi mesin. (Istockphoto/Primeimages)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pertanyaan: Penyebab suara berisik di mesin mobil?

Penanya: @wahyu_hidayatulloh24

Jawaban: Ini bisa dari berbagai macam penyebab, salah satu penyebabnya adalah karena ada laher yang sudah mulai usang.


Laher yang berputar ini juga ada banyak macam, antara lain adalah lager setelan v-belt. V-belt sering disebut fan belt, ini adalah istilah dulu karena belt tersebut memutar fan radiator, jaman sekarang fan radiator berputar dengan dinamo bukan diputar mesin, sedangkan v-belt yang setelah dipasang berbentuk huruf V, memutar komponen-komponen lain seperti water pump, AC, power steering, dinamo ampere).

Lager lain yang bisa bunyi berisik adalah lager pada kompresor AC, tensioner, atau idle timing chain.

Masih banyak penyebab bunyi berisik lain dari area mesin seperti pulley kruk as yang sudah usang karetnya atau suara dari jeroan mesin sendiri seperti hydraulic valve adjuster, pen piston, metal, dan lainnya.

Agar lebih jelas dari mana suara kasar mesin berasal sebaiknya diperiksa langsung oleh mekanik.

Provis - Tangerang, Banten (IG Provisautolab)

CNNIndonesia mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial CNNIndonesia.

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK