Deretan Fitur Baru WhatsApp Dirasakan Pengguna di RI 2020

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Selasa, 22/12/2020 11:41 WIB
WhatsApp meluncurkan sejumlah fitur tahun 2020 guna memberi pengalaman yang lebih baik bagi penggunanya. Fitur-fitur terbaik WhatsApp sepanjang 2020. (Foto: (dok. Whatsapp))
Jakarta, CNN Indonesia --

WhatsApp meluncurkan banyak fitur pada 2020 dan meningkatkan beberapa fitur yang sudah ada untuk memberi pengalaman yang lebih baik bagi penggunanya di Indonesia dan negara lain.

Beberapa fitur baru yang ada pada WhatsApp adalah manajemen penyimpanan baru, fitur pembayaran, pencarian, mode gelap, dan banyak lagi.

Berikut fitur WhatsApp terbaik yang ditambahkan ke Android dan iOS tahun ini:


1. Manajemen penyimpanan baru

Melansir The Indian Express, WhatsApp merilis versi baru dan ditingkatkan dari alat manajemen penyimpanan. Dengan itu, pengguna dapat memeriksa semua foto, video, file yang diteruskan di bagian manajemen penyimpanan dan menghapusnya sekali untuk selamanya.

Anda juga diperbolehkan menghapus semua media obrolan individual secara terpisah. Perusahaan milik Facebook itu bahkan telah menambahkan bagian khusus, yang menunjukkan sejumlah file yang lebih besar dari 5MB. Fitur baru ini tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga memudahkan Anda untuk menghapus media yang tidak perlu.

Pengguna akan menemukan alat manajemen penyimpanan baru di bagian Pengaturan > Penyimpanan dan data > Kelola penyimpanan.

2. Video grup sampai 8 orang

WhatsApp diketahui memutuskan untuk meningkatkan batas panggilan suara / video untuk pengalaman yang lebih baik. Fitur itu keluar di saat pandemi Covid-19 membuat orang-orang mulai tinggal di dalam rumah dan menggunakan aplikasi panggilan video untuk berkomunikasi.

WhatsApp menambah jumlah peserta panggilan suara/ video menjadi elapan dari semula hanya empat.

3. Mode gelap

Awal tahun ini, WhatsApp menambahkan fitur yang paling banyak diminta oleh penggunanya, yaitu Mode gelap. Fitur itu tidak hanya membantu membuat mata tidak mudah lelah, tetapi juga menghemat baterai ponsel.

Ketika Anda mengaktifkannya, fitur ini akan mengubah latar belakang semua bagian WhatsApp menjadi warna abu-abu gelap.

Untuk mengaktifkan tema gelap, Anda harus mengunjungi bagian Pengaturan, lalu ketuk 'Obrolan.' Sekarang, buka 'Tema' di bagian Tampilan, yang akan menampilkan tiga opsi, termasuk Terang, Gelap, dan Default Sistem.

4. Pembayaran

Melansir BGR, WhatsApp Payments diperkenalkan pada November 2020 di mana pengguna dapat mengirim uang langsung dari rekening bank mereka ke akun WhatsApp lain menggunakan UPI (Unified Payments Interface).

Fitur yang sebelumnya dirilis pada fase beta pada tahun 2017 dan secara resmi pada tahun 2020. Dengan WhatsApp Payments, perusahaan ingin menjangkau basis pengguna besar di India yang telah menggunakan platform pembayaran UPI lainnya seperti Google Pay, PhonePe, dan Paytm.

5. Hapus pesan otomatis

WhatsApp telah fitur Pesan Menghilang yang membuat obrolan dalam percakapan menghilang setelah periode waktu tertentu. yakni 7 hari secara default. Fitur serupa diketahui sudah tersedia di aplikasi obrolan lain, seperti Telegram dan Snapchat.

(jps/mik)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK