Apple Disebut Selesai Uji iPhone Lipat, Meluncur 2022-2023

eks, CNN Indonesia | Senin, 04/01/2021 12:03 WIB
Apple disebut selesai menguji engsel yang akan digunakan untuk iPhone lipat mereka yang disebut akan meluncur 2022-2023 nanti. Ilustrasi. Apple disebut telah menyelesaikan uji engsel untuk iPhone lipat mereka (Dok. Apple)
Jakarta, CNN Indonesia --

Apple disebut sudah menyelesaikan pengetesan ketahanan dua iPhone layar lipat yang disebut akan meluncur pada 2022-2023 nanti.

Tes ketahan dilakukan pada sistem engsel dua ponsel lipat itu. Pengetesan dilakukan di pabrik Foxconn di Shenzhen, China.

Ponsel lipat pertama Apple disebut akan menggunakan model dua layar terpisah. Diperkirakan model ini serupa dengan rumor yang beredar oleh Jon Prosser pada Juni 2020 lalu.


Kedua layar akan dihubungkan dengan engsel. Meski berupa layar terpisah, Jon menyebut kedua panel tak nampak terbelah dan gambar tampak berkelanjutan.

Selain itu, Apple juga telah mematenkan perangkat dengan dua layar terpisah yang dapat disatukan sebagai satu perangkat lipat dengan engsel.

Paten ini terdengar sangat mirip dengan isu layar ganda Apple yang dapat dilipat yang saat ini dikabarkan telah lolos uji coba, seperti dikutip MacRumors dari salah satu portal berita China.

Ponsel lipat kedua Apple disebut bakal berbentuk clamshel atau kerang. Ini serupa dengan bentuk ponsel feature zaman dulu. Bentuk serupa juga digunakan pada ponsel Samsung Galaxy Z Flip atau Moto RAZR yang dibesut Lenovo.

Menurut laporan UDN, ponsel lipat model clamshell ini menggunakan layar OLED lipat milik Samsung. Laporan sebelumnya juga menyatakan Apple telah memesan sampel layar lipat Samsung dalam jumlah pesar untuk keperluan pengetesan pada awal 2020. 

Masih belum jelas apakah kedua perangkat yang dites ini menggunakan sistem engsel yang sama. Pengujian unit ponsel lipat clamshell disebut masih berfungsi terbatas, sehingga belum sepenuhnya bisa digunakan.

Melansir TechRadar, ponsel clamshell Apple bahkan hanya berupa acsing dan layar saja, tanpa memasukkan seluruh komponene internal dalam perangkat itu. Sebab, tujuan utama pengujian adalah untuk menilai ketahanan sistem engsel rancangan Apple. 

Laporan hasil pengujian engsel akan digunakan Apple untuk menentikan jenis engsel mana yang akan digunakna. Sebab, hanya satu model yanga kan digunakan untuk pengembangan ponsel selanjutnya.

Berdasarkan laporan pada November 2020, Apple disebut telah mengirimkan iPhone lipat ke Foxcon untuk dilakukan pengetesan 100 ribu kali buka tutup.

Diperkirakan iPhone lipat bakal muncul pada akhir 2022 atau 2023. Apple telah mengajukan sejumlah besar paten terkait ponsel lipat sejak 2016.

(eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK