TIPS OTOMOTIF

Mengenali Bunyi Decit Tanda Tali Kipas Mobil Kendur

CNN Indonesia | Jumat, 08/01/2021 08:28 WIB
Area mesin berdecit merupakan salah satu gejala kerusakan pada fan belt alias tali kipas yang kendur dan selip. Ilustrasi fan belt. (iStockphoto/P_Wei)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bunyi decit yang berasal dari area kap mesin mobil saat menyalakan mesin atau ketika memindah knop AC ke posisi on bisa dicurigai sebagai kerusakan pada fan belt alias tali kipas Kerusakan itu kemungkinan kendur atau kualitas karet sudah getas.

Menurut Nurkholis, Section Head di seksi National Technical Leader Toyota Astra Motor (TAM), bunyi decitan adalah salah satu gejala komponen itu sedang bermasalah.

"Ciri yang paling sering muncul adalah bunyi mencicit atau berderit pada saat mesin hidup pertama kali atau setelah start, atau saat compressor AC on," kata Nurkholis melalui pesan singkat, Rabu (6/1).


Tali kipas merupakan komponen berbentuk seperti tali melingkar yang terbuat dari bahan karet khusus. Pada permukaan komponen tersebut dilapisi bahan kampas.

Fungsi utama tali kipas yakni memindahkan tenaga, menggerakkan poros dari komponen seperti kompresor AC, poros alternator, waterpump dan lain sebagainya.

Nurkholis menuturkan dampak tali kipas kendur yaitu otomatis selip sehingga membuat putaran mesin dari pully crankshaft tidak terkirim sepenuhnya ke pully alternator, water pump, maupun AC.

Jika sudah demikian kinerja sejumlah komponen penting mobil itu malah menjadi tidak maksimal.

"Efek tali kipas kendor adalah selip jadi putaran mesin dari pully crankshaft tidak di transfer 100 persen ke pully alternator, water pump, dan AC," ucap dia.

Ia melanjutkan tak ada sebab khusus mengapa tali kipas mobil menjadi kendur. Umumnya tali kipas kendur hanya karena materialnya aus atau menipis efek penggunaan.

Menurutnya juga tak ada ketentuan khusus yang menyarankan setiap berapa kali tali kipas harus diganti.

"Karena keausan sangat tergantung dari kondisi pemakaian kendaraan," kata Nurkholis.

Nurkholis menambahkan sebaiknya pemilik rajin melakukan perawatan berkala pada mobilnya, sebab tali kipas merupakan salah satu komponen yang akan diperiksa mekanik saat perawatan berkala.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK