LEGENDA OTOMOTIF

Land Rover Defender, Mobil Petani yang Naik Kelas

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Jumat, 08/01/2021 17:39 WIB
Mengulas sejarah Land Rover Defender asal Inggris yang menempati penggemar otomotif dunia meski sudah tutup usia. Series I mesin 1.595 cc. (Foto: www.landrover.co.uk)
Jakarta, CNN Indonesia --

Land Rover merupakan salah satu merek mobil yang punya sejumlah produk legendaris salah satunya Defender. Kali pertama mobil ini diperkenalkan yakni pada 1948 atau 73 tahun silam.

Keberadaan produk ini memiliki segudang cerita yang tak lepas dari sejarah perang di Inggris. Land Rover dimulai melalui sepasang saudara yakni Maurice dan Spencer Wilks yang membuat sketsa desain kendaraan sederhana berdesain "kotak" untuk menjadi cikal bakal Sport Utility Vehicle (SUV) 4WD.

Desain itu dibuat tak lama setelah Perang Dunia II berakhir. Saat itu memang permintaan mobil berjenis sedan buatan Rover kurang diminati. Pasar lebih menginginkan kendaraan multiguna macam Jip.


Masyarakat Inggris pasca perang II tak membutuhkan sedan mewah berteknologi canggih. Mereka membutuhkan hanya mobil serbaguna dengan harga "terjangkau", tapi kokoh untuk digunakan di berbagai medan. Kebetulan Wilks bersaudara merupakan petinggi perusahaan Rover menyadari fenomena tersebut.

Mereka lantas merancang mobil yang sesuai dengan keinginan pasar. Namun di sisi lain mobil diharapkan tidak hanya dapat melakukan perjalanan berat seperti aktivitas pertanian, melainkan juga tetap maskulin diajak ke perkotaan.

Setelah sketsa matang, mereka kemudian membuat purwarupa yang dibangun di atas sasis Jeep 80 dan menggunakan mesin Rover 1.600 cc bertenaga 49,6 bhp. Menariknya, roda kemudi saat itu dipasang di tengah.

Baru pada 30 April 1948 di pameran Amaterdam, merek Land Rover muncul dan sekaligus menjadi waktu perilisan model terbarunya yang menjadi awal mula Defender. Saat itu pesanan dibuka dengan harga 450 poundsterling. Pada tahun pertama sekitar 8.000 unit terjual dan menjadi dua kali lipat pada 1949.

Desain Land Rover generasi pertama mungkin amat sangat sederhana dengan panel bodi lurus. Bodi terbuat dari paduan aluminium yang disebut 'birmabright'. Material itu murah, ringan, dan berlimpah di Inggris pasca perang. Mobil ini lebih dikenal dengan cat hijaunya.

Menurut Car Advice, mobil ini berhasil memelopori segmen baru yang digemari pasar otomotif di Amerika, Eropa, dan Afrika, kendati fitur keselamatan dan teknologi yang tersimpan tidak begitu canggih.

Evolusi Defender

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK