KONSULTASI OTOMOTIF

Sumber Dengung Roda Mobil Saat Kecepatan Konstan 60 Kpj

fea, CNN Indonesia | Minggu, 10/01/2021 15:00 WIB
Ada dua penyebab umum bunyi dengung dari area roda saat mobil melaju di atas 60 km per jam, yaitu ban atau laher (bearing) yang rusak. Ilustrasi ban mobil. (MMKSI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pertanyaan: Suara berdengung dari ban mobil saat kecepatan konstan di atas 60 km per jam, harus ganti bearing?

Penanya: @suka_rese

Jawaban: Bunyi dengung memang paling sering disebabkan bearing atau laher roda yang sudah usang, namun bisa juga akibat tapak ban yang aus tidak rata.


Bila penyebabnya ban yang aus tidak rata, biasanya suara dengung terdengar naik turun. Ini berbeda dari bunyi dengung karena laher bermasalah yang suaranya terdengar lebih konstan.

Buat memeriksanya coba didongkrak roda yang dicurigai lalu cek apakah ban terasa tidak rata ketika diputar-putar. Untuk memeriksa apakah laher penyebab dengung sebaiknya dilakukan oleh pihak bengkel.

Provis - Tangerang, Banten (IG Provisautolab)

CNNIndonesia.com mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial CNNIndonesia.com.

(fea/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK