Geely dan Baidu Sepakat Kembangkan Mobil Listrik Otonom

CNN Indonesia | Rabu, 13/01/2021 12:02 WIB
Raksasa mesin pencarian di China, Baidu, akan membuat perusahaan baru yang mendapat investasi dari Geely sebagai rekanan untuk membuat mobil listrik. Ilustrasi Geely. (AFP/PETER PARKS)
Jakarta, CNN Indonesia --

Raksasa mesin pencarian seperti Google di China, Baidu, sepakat berkolaborasi dengan produsen mobil Geely untuk membuat mobil listrik.

Rencananya Baidu akan membuat perusahaan baru, lalu Geely, produsen mobil swasta terbesar di China akan menanamkan investasi sebagai rekanan.

Perusahaan baru itu akan menggunakan teknologi otonom Baidu dan platform modular kendaraan listrik Geely, menurut Baidu dalam keterangan tertulisnya mengutip CNN.


Sementara Geely yang memiliki Volvo mengatakan dalam pernyataannya bahwa perusahaan memang berniat fokus menjadi pembuat alat transportasi listrik cerdas.

Tidak ada rincian lebih lanjut tentang kemitraan tersebut.

Para perusahaan teknologi besar kini sedang berupaya masuk ke area otomotif menggunakan otonom. Banyak dari mereka memilih rekanan untuk mempermudah pengembangan dan menguatkan diri menghadapi tantangan.

Hal ini tidak lain juga berkaitan dengan investasi yang mungkin tidak sedikit untuk dikucurkan tiap produsen jika mereka harus bermain sendirian. Dengan membentuk mitra, tentu investasi akan menjadi lebih ringan karena mereka bisa menggunakan skema patungan.

Salah satu kolaborasi yang kemungkinan akan diumumkan pada tahun ini adalah Hyundai bersama Apple. Rumors kesepakatan keduanya sudah santer walau belum dikonfirmasi kedua belah pihak sampai sekarang.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK