Nilai Fortuner Calon Kapolri Listyo di Bawah Harga Pasar

CNN Indonesia | Rabu, 13/01/2021 16:20 WIB
Berdasarkan situs jual beli, harga pasaran Toyota Fortuner produksi 2018 seperti dimiliki calon kapolri Listyo Sigit di atas Rp400 juta. Toyota Fortuner. (Toyota Astra Motor)
Jakarta, CNN Indonesia --

Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo, calon tunggal Kapolri, diketahui memiliki harta Rp8,3 miliar, namun hanya punya satu mobil Toyota Fortuner produksi 2018. Andai mobil itu mau dijual setelah diangkat jadi Kapolri, banderolnya sekarang masih diatas Rp400 jutaan.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), taksiran nilai Fortuner 2018 milik Listyo Rp320 juta. Namun nilai itu jauh di bawah harga pasaran menurut berbagai situs jual beli online.

Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan pers terkait status tersangka pada kasus kerumunan dan pelanggaran protokol kesehatan. Jakarta, Kamis, 10 Desember 2020.Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Data LHKPN memang tidak menyebutkan varian Fortuner milik Listyo, kondisi unit juga tidak diterangkan. Jenis varian dan kondisi unit bisa menentukan harga jualnya dalam status bekas pakai.


Mengutip situs jual beli mobil bekas OLX, harga Fortuner bekas produksi 2018 masih berada di atas Rp400 juta.

Misalnya pada Fortuner VRZ mesin diesel harga bekas yang ditawarkan pedagang yakni Rp425 juta untuk warna hitam. Fortuner versi VRZ TRD transmisi otomatis warna silver dijual Rp445 juta, sedangkan Fortuner VRZ diesel kelir putih ditawarkan Rp415 juta.

Sebagai informasi, Listyo merupakan calon tunggal Kapolri yang namanya diusulkan Presiden Joko Widodo kepada DPR untuk menggantikan Jenderal Idham Azis karena akan pensiun pada 1 Februari 2021.

Menurut LHKPN per 2019, Listyo memiliki aset kekayaan sudah termasuk Fortuner, dengan nilai total Rp8,3 miliar.

Kekayaan Listyo paling banyak berasal dari tanah dan bangunan senilai Rp 6,15 miliar. Aset tersebut tersebar di Kota Semarang Rp 1,65 miliar, di Kota Tangerang Rp1 miliar, dan di Jakarta Rp3,5 miliar.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK