KONSULTASI OTOMOTIF

Kenapa Mobil Baru Perlu Spooring dan Balancing?

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Minggu, 17/01/2021 16:05 WIB
Spooring dan balancing juga berlaku untuk mobil keluaran terbaru dari dealer. Ini untuk memastikan setelan roda yang sesuai. Mobil baru wajib melakukan spooring dan balancing untuk menjaga keamanan dan kenyamanan. (Foto: robarmstrong2/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pertanyaan: Apa alasannya mobil baru keluar dari dealer perlu spooring dan balancing?

Penanya: @ronnie

Ban mobil merupakan salah satu komponen mobil yang vital. Kestabilan saat berkendara ditentukan dari setelan roda-roda mobil. Oleh sebab itu, bagian roda perlu diperhatikan dengan melakukan spooring dan balancing.


Spooring dan balancing tidak untuk mobil yang sudah berusia tua. Mobil keluaran terbaru dari dealer juga wajib diperhatikan setelan rodanya.

Ini karena sudah menjadi sifat dari mobil produksi massal, bahwa saat perakitan akan ada hal-hal yang kurang presisi, mengingat produksi ini dilakukan dengan mesin dan sudah disesuaikan dengan waktu yang ada.

Bagian-bagian yang kurang presisi ini bisa terjadi di berbagai komponen, termasuk mengenai roda.

Sebaiknya lakukan spooring dan balancing untuk mobil-mobil keluaran baru yang dibeli di dealer resmi, untuk memastikan bahwa setelan roda-roda sudah sesuai dengan standar keamanan dan kenyamanan mobil baru tersebut.

Spooring dan balancing adalah dua istilah yang berbeda untuk kendaraan.

Spooring dilakukan untuk meluruskan kedudukan atau sudut empat roda mobil seperti awal, sesuai setelan pabrik. Dua roda depan yang biasanya akan diluruskan dan diatur agar dapat kembali seperti semula.

Balancing untuk menjaga keseimbangan pada titik atas bawah atau kiri kanan roda. Proses ini biasanya dilakukan setelah spooring selesai dilakukan.

Provis - Tangerang, Banten (IG Provisautolab)

CNNIndonesia.com mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial CNNIndonesia.com.

(mik)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK