Netizen Berdoa usai Gunung Semeru dan Merapi Erupsi

CNN Indonesia | Minggu, 17/01/2021 09:44 WIB
Kondisi gunung berapi Semeru, Jawa Timur dan Merapi, Yogyakarta menjadi sorotan netizen lantaran aktivitasnya meningkat. Gunung Semeru kembali erupsi. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kondisi Gunung Semeru, Jawa Timur dan Gunung Merapi, Yogyakarta menjadi sorotan netizen lantaran aktivitasnya meningkat. Tagar #PrayforSemeru dan #PrayforMerapi pun menjadi trending topic atau topik yang paling banyak dibahas di Twitter.

Mayoritas netizen di Twitter berharap agar setiap masyarakat di sekitar berhati-hati dan menjaga keselamatannya. Beberapa dari mereka juga menyertakan poster yang menggambarkan simpati mereka atas kejadian tersebut.

Salah satunya disampaikan oleh pemilik akun @ericaloey14. Tidak hanya menyampaikan simpatinya pada letusan gunung berapi tersebut, ia juga menyampaikan duka cita atas rentetan musibah yang dialami Indonesia pada awal tahun ini.


"Turut berduka cita atas apa yang menimpa saudara-saudaraku disana. Semoga diberi ketabahan & tidak ada korban lagi. Doaku selalu menyertai kalian. Lekas pulih negeriku.

#PrayForSriwijayaAir #PrayForSumedang #PrayForSulBar #PrayForKalSel #prayformerapi #PrayForSemeru #PrayForIndonesia," tulis pemilik akun @ericaloey14.

Seperti diketahui, sejumlah musibah bencana alam melanda masyarakat di sejumlah daerah. Mulai dari banjir yang melanda Kalimantan Selatan, gempa bumi di Sulawesi Barat, dan longsor di Sumedang, Jawa Barat.

Selain bencana alam, musibah kecelakaan pesawat Sriwijaya Air 182 (SJ 182) tujuan Jakarta-Pontianak juga masih menjadi perhatian warga. Jatuhnya pesawat SJ 182 di Kepulauan Seribu itu menewaskan 62 penumpangnya.

Serupa, pemilik akun @neisyabilla juga menyampaikan doa bagi keselamatan warga di sekitar Gunung Semeru dan Gunung Merapi.

"Lekas pulih Indonesiaku. Semoga saudaraku yang ada di sana mendapat perlindungan dari Allah SWT dan musibah ini cepat berlalu, aamiin.
#PrayForSumedang#PrayForSriwijayaAir #PrayforKalSel #PrayForSulBar #prayforsemeru #prayformerapi#prayforindonesia," tulisnya.

Sementara itu, pemilik akun @Entang_234 berharap musibah yang dialami oleh Indonesia segera berlalu. Ia mengajak seluruh masyarakat untuk mendoakan kondisi negeri ini.

"Selamat Pagi..Indonesia sedang tidak baik-baik saja, mari sejenak berdoa untuk keselamatan saudara-saudara kita diluar sana, semoga bencana ini segera berlalu dan cepat teratasi.

#PrayForSriwijayaAir #PrayForSumedang #PrayForSulBar #PrayforKalSel #Prayformerapi #Prayforsemeru," tulisnya.

Gunung Semeru sendiri kembali meletus dan meluncurkan awan panas guguran dengan jarak luncur empat kilometer (Km) ke arah Besuk Kobokan pada 16 Januari 2021 pukul 17.24 WIB. Sementara itu, aktivitas guguran lava juga terjadi dengan jarak luncur antara 500-1.000 meter dari kawah Jonggring Salokake arah Besuk Kobokan.

Akibatnya, sebanyak lima kecamatan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, diguyur hujan abu vulkanik setelah letusan tersebut. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lumajang menyatakan lima kecamatan tersebut meliputi Kecamatan Candipuro, Kecamatan Pasrujambe, Kecamatan Senduro, Kecamatan Gucialit, dan Kecamatan Pasirian.

"Hujan abu vulkanik Gunung Semeru mengguyur satu dusun di satu desa di Kecamatan Candipuro yakni Dusun Kajar Kuning, Desa Sumbermujur," kata Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang,Wawan Hadi Siswoyo melalui akun Facebook resmi BPBD Kabupaten Lumajang.

Sementara itu, kondisi Gunung Merapi tidak jauh berbeda. Masih terjadi awan panas guguran dari gunung aktif setinggi 2.930 meter tersebut.

(ulf/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK