TIPS TEKNOLOGI

Cara Bersihkan Casing HP Sesuai Bahannya

CNN Indonesia | Senin, 25/01/2021 05:02 WIB
Peneliti menilai casing ponsel berpotensi membawa kuman atau virus 10 kali lebih lipat dibanding dudukan toilet. Ilustrasi casing HP. (ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Membersihkan casing smartphone atau handphone (HP) jadi hal yang sering terlewatkan oleh sebagian orang. Padahal menurut penelitian, ponsel berpotensi membawa kuman 10 kali lipat lebih banyak dari dudukan toilet.

Tak hanya itu, kala pandemi virus Covid-19, pengguna ponsel pintar disarankan untuk membersihkannya secara rutin, agar tetap menjaga kebersihan dan terhindar dari sebaran penyakit serta virus.

Sebagian besar ponsel pintar biasanya dilengkapi dengan aksesoris pelindung badan ponsel. Pelindung ini memiliki banyak jenis, baik berbahan dasar silikon, plastik, kayu dan masih banyak lagi.


Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan casing atau pelindung ponsel dengan berbagai cara pada setiap jenis bahannya:

Casing HP berbahan plastik

Melansir Mashable, pada bahan dasar plastik relatif tahan lama dibandingkan dengan bahan casing ponsel cerdas lainnya, sehingga casing plastik ini dinilai lebih tahan terhadap larutan pembersih yang memiliki kandungan kuat seperti pemutih pakaian.

Jika pengguna tidak nyaman menggunakan pemutih pakaian, gunakanlah sabun cuci piring sebagai gantinya. Berikut peralatan yang harus disiapkan:

- Cairan pemutih
- Air
- Spons
- Kain/ sikat gigi bekas
- Sarung tangan karet

Cara Bersihkan Casing HP Bahan Plastik

- Campurkan sekiranya satu sendok makan pemutih cair ke 1 gayung yang berisikan air. Kemudian rendam casing tersebut 5 hingga 10 menit.
- Jika casing memiliki noda yang membandel, disarankan untuk merendamnya lebih lama hingga nodanya sedikit hilang.
- Lalu gosok casing dengan spons, kain, atau gosok gigi bekas pada bagian yang kotor.
- Bilas casing Anda secara menyeluruh dengan air mengalir hingga bersih, kemudian keringkan casing tersebut menggunakan kain atau tisu.

Casing HP berbahan karet silikon

Casing dengan bahan karet atau silikon memiliki tekstur yang lebih lembut daripada plastik. Jadi pengguna harus memilih media pembersih yang harus digunakan agar sesuai dengan bahan dasar karet atau silikon.

Gunakanlah sabun cuci piring untuk membersihkan casing berbahan karet. Hal ini dilakukan agar tidak merusak warna maupun bentuk casing karet tersebut. Berikut peralatan yang harus disiapkan:

- Sabun cuci piring
- Air
- Spons
- Kain/ sikat gigi bekas
- Sarung tangan karet
- Soda kue (opsional)

Cara Bersihkan Casing HP Berbahan Silikon

- Tambahkan 2 sendok sabun cuci piring ke dalam gayung atau ember yang berisikan air panas, lalu aduk rata hingga sabun larut.
- Kemudian rendam spons atau kain ke dalam larutan sabun
- Gosok casing dengan menggunakan spons, bila memiliki sudut yang sulit dibersihkan maka Anda dapat menggunakan sikat gigi bekas.
- Jika noda masih tidak dapat dibersihkan, makan disarankan untuk menaburkan 2 sendok teh soda kue di atas noda yang sulit dibersihkan. Lalu gosok dengan menggunakan sikat gigi.
- Bilas casing dengan air bersih, dan keringkan dengan menggunakan lap kering atau tisu.

Pembersihan Casing HP Bahan Kayu Hingga Kulit

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK