TIPS TEKNOLOGI

Cara Kirim SMS Lewat Aplikasi Signal Pengganti WhatsApp

CNN Indonesia | Jumat, 22/01/2021 08:37 WIB
Aplikasi Signal pada Android memiliki fitur tambahan, yakni dapat disetel sebagai aplikasi perpesanan SMS. Ilustrasi aplikasi Signal. (cnnindonesia/AdhiWicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aplikasi perpesanan Signal kian populer pasca kebijakan privasi baru WhatsApp. Banyak pengguna WhatsApp beralih ke Signal agar data pribadinya tidak disalahgunakan.

Seperti pesaingnya, Signal digunakan untuk olah pesan cepat kepada orang lain yang menggunakan aplikasi serupa. Namun, aplikasi Signal pada Android memiliki fitur tambahan, yakni dapat disetel sebagai aplikasi perpesanan SMS.

Melansir How To Geek, pengguna Android tidak hanya dapat berkomunikasi dengan pengguna Signal, tetapi juga dapat mengirim dan menerima pesan teks dengan nomor telepon. Semua percakapan itu tampil di satu tempat.


Cara Kirim SMS

1. Buka aplikasi Signal di perangkat Android. Selanjutnya, ketuk ikon menu tiga titik di sudut kanan atas aplikasi.
2. Pilih 'Setelan' dari menu.
3. Di bagian atas menu 'Setelan', tap 'SMS dan MMS'.
4. Selanjutnya, pilih 'SMS Dinonaktifkan' untuk melanjutkan dengan menjadikannya default.
5. Jendela pop-up akan meminta untuk memilih aplikasi SMS default. Pilih 'Signal' dan ketuk 'Set as Default'.

Setelah seluruh langkah itu, pengguna dapat mulai mengirim pesan SMS lewat Signal. Daftar kontak akan menampilkan orang-orang di Signal, ditunjukkan dengan warna biru. Sedangkan abu-abu adalah kontak SMS.

Pengguna harus mengetuk dan menahan tobol kirim pada Signal untuk mengirim SMS. Pengguna yang hendak mengirim SMS juga harus memilih pilihan 'SMS Tidak Aman' agar SMS dapat dikirim.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pesan SMS tidak dienkripsi seperti pesan Signal. Piliha itu juga akan membuat tobol kirim berubah dari biru menjadi abu-abu.

Melansir laman resmi Signal, fitur SMS di Signal hanya tersedia di Android. Pengguna tidak dapat mengirim atau menerima SMS / MMS yang tidak aman dengan Signal di iPhone, iPod Touch, atau iPad.

"Semua komunikasi melalui Signal iOS bersifat pribadi. Apple tidak mengizinkan aplikasi lain untuk menggantikan aplikasi SMS / perpesanan default," kata SIgnal.

Fitur itu juga tidak tersedia di desktop. Signal beralasan ingin mendorong pengguna untuk menjauh dari protokol lama yang tidak aman.

(jps/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK