The Beast Lungsuran Trump Kawal Joe Biden ke Pelantikan

CNN Indonesia | Kamis, 21/01/2021 11:50 WIB
The Beast yang digunakan Joe Biden ke lokasi pelantikan sebagai Presiden AS ke-46 dipercaya unit lungsuran Donald Trump. The Beast lungsuran Donald Trump mengawal Joe Biden ke pelantikan sebagai Presiden Amerika Serikat ke-46 di Gedung Putih, Rabu (20/1).(AP/Jose Luis Magana)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden tak menggunakan mobil kepresidenan baru saat menuju lokasi pelantikannya di Gedung Putih pada Rabu (20/1). Biden dipercaya memakai mobil kepresidenan yang pernah dipakai petahana Donald Trump.

Biden tak menggunakan mobil baru sama seperti Trump saat dilantik pada 2017, ketika itu Trump menggunakan mobil lungsuran Barack Obama. Sedangkan Obama memakai mobil baru pada hari pertama kerja sebagai presiden pada 2015.

Mobil kepresidenan AS atau disebut 'The Beast' oleh Secret Service adalah limosin lapis baja berbasis truk dengan eksterior seperti Cadillac yang dibuat General Motors (GM).


Pada 2018 GM memberikan The Beast terbaru untuk menggantikan versi Obama. Versi baru ini punya spesifikasi baru yang lebih lengkap termasuk perlindungan senjata kimia dan bom rakitan.

Secret Service tak pernah mengungkap spesifikasi detail The Beast, namun dipahami salah satu pembeda mobil yang digunakan Trump dan Biden adalah pelat nomor. Sebelum The Beast digunakan Biden ke pelantikan, agen Secret Service diketahui mengganti pelat nomor menjadi '46' sesuai Biden yang merupakan Presiden AS ke-46.

Menurut Fox News, menimang sejarah penyegaran mobil kepresidenan AS, ada kemungkinan The Beast baru akan diserahkan sebelum masa jabatan Biden habis pada 2025.

Berikut sejumlah fakta mengenai The Beast mengutip News18.

Mobil ini buatan Cadillac yang merupakan perusahaan divisi kendaraan mewah GM. Disebutkan bila ada lebih dari dua The Beast yang dikirim GM ke Secret Service.

Limosin tersebut memiliki transportasi pesawat sendiri untuk mengangkutnya ke mana pun presiden melakukan perjalanan.

A U.S. Secret Service agent changes the license plate on President Joe Biden's limousine near the North Portico of the White House, Wednesday, Jan. 20, 2021, in Washington. (AP Photo/Alex Brandon, Pool)Agen Secret Service mengganti pelat nomor The Beast menjadi '46' untuk Joe Biden. (AP/Alex Brandon)

Mobil ini memiliki standar keamanan tingkat tinggi. Mobil dibuat dengan lapis baja, kaca antipeluru setebal 5 inci dan pintu memiliki ketebalan pelat 8 inci.

Disebutkan berat pintunya sama seperti pintu pesawat komersial. Mobil ini juga dibuat dengan pelat yang tahan terhadap bom.

Diperkirakan The Beast yang memiliki mesin 5.000 cc diesel ini memiliki berat total antara 6.350 kg hingga 9.071 kg. Mobil juga dilengkapi beberapa fitur lain seperti ban antikempis, perlengkapan pengelihatan malam, pasokan oksigen, telepon satelit, dan lainnya.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK