Kijang Tua Jadi Incaran Begal di Jepara

fea, CNN Indonesia | Kamis, 21/01/2021 20:22 WIB
Polres Jepara mengungkap kasus pencurian yang utamanya mengincar Toyota Kijang 1990-1995 karena mudah dibobol pakai kunci 'T'. Ilustrasi pencurian mobil. (Istockphoto/releon8211)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kasus pencurian kendaraan di dua lokasi di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah yang ditangani Polres Jepara mengungkap modus spesialis 'mobil kuno'. Dalam kasus ini ditemukan pencurian melibatkan Toyota Kijang berusia 25-30 tahun yang dijelaskan mudah dicuri dengan modal kunci 'T'.

Kapolres Jepara AKBP Aris Tri Yunarko dalam laporan Antara, Kamis (21/1), menjelaskan, spesialis pencuri mobil kuno memiliki wilayah sasaran lintas provinsi.

"Selain melakukan pencurian di Kabupaten Jepara dan Kudus, ternyata pelaku juga mencuri mobil kuno, terutama mobil Toyota Kijang antara tahun 1990-1995 di sejumlah daerah di Tanah Air," kata Aris.


Kijang merupakan mobil yang diproduksi di dalam negeri. Pada era produksi 1990-1995 melibatkan Kijang generasi ketiga atau generasi keempat yang lebih dikenal dengan sebutan Kijang Kapsul.

Kedua model itu diketahui masih mengandalkan kunci mekanis dan terdapat central lock untuk pengunci pintu namun dipahami belum dilengkapi fitur seperti immobilizer. 

Aris mengatakan dua pelaku yang ditangkap beraksi di Demak, Grobogan, Pati, Tangerang, dan Jakarta. Jumlah total tempat kejadian perkara disebut sejumlah 13.

Barang hasil curian yang sudah diamankan yaitu lima unit Kijang serta Daihatsu Sigra yang dipakai pelaku saat beraksi. Cara kerja pelaku dipaparkan mengendarai mobil lalu salah satu mengeksekusi mobil curian kemudian dibawa ke tempat aman sebelum dijual.

Dijual Sebagai Suku Cadang

Guna menghindari pelacakan polisi, mobil curian dipreteli kemudian dijual dalam bentuk suku cadang. Sebagian besar mobil diperlakukan seperti itu namun ada pula yang dijual utuh seharga Rp7 juta seperti diakui salah satu pelaku.

Pelaku mengungkap hasil penjualan mobil curian dipakai buat melunasi utang dan memenuhi kebutuhan keluarga.

Kepolisian menemukan dua mobil hasil pencurian yang belum sempat dijual pada pertengahan Januari. Keduanya berasal dari dua lokasi di Jepara, yakni di parkiran Swalayan Saudara dan Pantai Telukawur.

Salah satu korban bernama Ja'far menjelaskan mobilnya dicuri saat sedang belanja di Swalayan Saudara Jepara. Mobil dia dikatakan sudah dikunci namun tiket parkir ditinggalkan di mobil.

"Sangat bersyukur mobilnya bisa ditemukan kembali karena digunakan untuk menunjang aktivitas keluarganya," ujarnya.

(fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK