KONSULTASI OTOMOTIF

Mesin Brebet Usai Lintasi Banjir, Apa yang Harus Diperiksa?

fea, CNN Indonesia | Minggu, 24/01/2021 13:30 WIB
Bagian mobil yang harus diwaspadai saat melintasi adalah saringan udara, komponen ini tidak diperkenankan kena air sebab berpotensi merusak mesin. Ilustrasi banjir. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pertanyaan: Mobil saya pernah kena banjir tapi enggak seberapa tinggi, setelah itu jadi ada gejala brebet dan idle kurang rata, tapi tenaga tetap bagus, kira-kira apa yang perlu diperiksa?

Penanya: @romanov12

Jawaban: Walau banjir tidak terlihat seberapa tinggi, tetap bisa ada kejadian cipratan air. Misalnya ada air karena terjangan mobil dari arah berlawanan yang masuk ke jalur asupan udara mesin kendaraan Anda.


Risiko ini lebih besar untuk mobil-mobil yang jalur asupan udaranya terletak agak ke bawah.

Sekecil apapun air yang masuk bisa tersedot hingga ke dalam ruang mesin dan jadi penyebab kerusakan water hammer. Kerusakan seperti ini sanggup mengakibatkan setang piston bengkok.

Sedikit saja setang piston bengkok mampu menimbulkan gejala seperti brebet dan idle kurang rata.

Untuk memeriksanya coba buka rumah filter udara apakah ada sisa-sisa air di area situ.

Untuk mengukur apakah ada kebengkokan setang piston, pada mobil-mobil tertentu bisa dilakukan dengan membuka busi lalu masukkan besi panjang dan coba ukur kedalaman besi yang bisa masuk ke ruang bakar pada kondisi piston berada paling atas.

Perlu diketahui pengecekan dengan cara ini belum tentu akurat. Pengamatan lebih akurat bisa diperoleh dengan cara membuka cylinder head.

Provis - Tangerang, Banten (IG Provisautolab)

CNNIndonesia.com mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial CNNIndonesia.com.

(fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK