Pameran Ditunda Terus, Gaikindo Buat Aplikasi 'Obat Rindu'

CNN Indonesia | Rabu, 27/01/2021 17:40 WIB
Aplikasi bernama GIIAS Auto360 berguna menjadi ajang pertemuan antara merek otomotif dan konsumen secara digital untuk mengobati rindu pameran otomotif. GIIAS 2019. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memperkenalkan aplikasi bernama GIIAS Auto360 sebagai solusi terus tertundanya penyelenggaraan pameran otomotif karena pandemi Covid-19 sejak tahun lalu hingga sekarang. Aplikasin ini bisa disebut sebagai obat rindu untuk Agen Pemegang Merek (APM) dan masyarakat yang menanti ingar-bingar pameran otomotif.

GIIAS Auto360 merupakan aplikasi yang menggabungkan tiga unsur, yaitu pameran otomotif digital, marketplace (jual-beli online), dan berita industri otomotif. Digitalisasi ini diharapkan dapat mempertemukan merek otomotif dengan konsumen di mana saja dan kapan saja.

Pertemuan konvensional dalam pameran otomotif seperti dilakukan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tak bisa dilakukan pada 2020. Gaikindo membatalkan semua lokasi penyelenggaraan GIIAS terkait pandemi.


Bahkan rencana pameran 'kecil-kecilan' Gaikindo, Jakarta Auto Week (JAW), pada 21-29 November 2020 terpaksa ditunda. Pengganti JAW, yakni Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) yang direncanakan pada Januari 2021 juga telah dinyatakan tak bisa digelar hingga digeser menjadi 6-14 Maret 2021.

"Dengan dibangunnya aplikasi digital khusus untuk industri otomotif Indonesia diharapkan akan menjadi kendaraan baru bagi pemain industri untuk menggapai konsumen, dan tentu diharapkan akan memberikan yang terbaru dari industri otomotif untuk masyarakat," kata Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi dalam keterangan tertulis, Rabu (27/1).

Rizwan Alamsjah, Ketua III Gaikindo sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo mengatakan GIIAS Auto360 hadir sebagai upaya beradaptasi pada kondisi terkini, serta mengantisipasi kebutuhan peserta pameran GIIAS yang semakin berkembang.

Rizwan menuturkan GIIAS Auto360 masih dalam tahap pengembangan dan akan hadir serta dapat diakses publik pada Juli 2021.

GIIAS Auto 360, aplikasi buatan Gaikindo, yang berisi unsur pameran otomotif, jual-beli online, dan berita industri otomotif.GIIAS Auto 360, aplikasi buatan Gaikindo, yang berisi unsur pameran otomotif, jual-beli online, dan berita industri otomotif. (Gaikindo)

Sementara Agus Riyadi, Project Director Seven Event, yang ditunjuk Gaikindo sebagai pelaksana penyelenggaraan pameran dan aplikasi digital GIIAS Auto360 menambahkan, aplikasi ini juga bakal menggandeng seluruh pelaku industri otomotif Tanah Air.

"Menggandeng merek-merek otomotif resmi yang juga hadir pada pameran GIIAS, menjadikan GIIAS Auto360 aplikasi penjualan otomotif yang aman dan terpercaya," ucap Agus.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK