Riuh Unfollow Akun Twitter, Bu Susi dan Abu Janda Trending

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Sabtu, 30/01/2021 09:44 WIB
Kata kunci Bu Susi dan Abu Janda ramai di Twitter sejak Sabtu (30/1) pagi. Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengajak warganet untuk berhenti mengikuti akun twitter Permadi Arya atau Abu Janda.. (Foto: CNN Indonesia/ Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kata kunci "Bu Susi" dan "Abu Janda" menjadi trending topic di media sosial Twitter, Sabtu (30/1). Trending tersebut diduga karena sebelumnya Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengajak warganet untuk berhenti mengikuti akun twitter Permadi Arya atau Abu Janda.

Berdasarkan pantauan, hingga pukul 09.00 WIB, ada 5.350 cuitan terkait kata "Bu Susi". Cuitan didominasi dukungan netizen terhadap ajakan unfollow Susi terhadap Abu Janda.

Sementara itu, ada 62.200 cuitan terkait kata "Abu Janda". Selain itu ada juga trending kata " TangkapPermadiArya" yang mencapai 23.100 cuitan.


Salah satu netizen yang merespons kisruh antara Susi Pudjiastuti dan Permadi Arya soal unfollow akun Twitter adalah akun @Kakekk_Sugiono.

Sementara warganet lain yang sebut-sebut Abu Janda yaitu @zacky_gh.

Warganet lain yang mencuitkan nama Abu Janda yakni akun @UuwuU18


Diketahui, Susi Pudjiastuti sebelumnya mengajak warganet untuk berhenti mengikuti akun Twitter Permadi Arya atau Abu Janda, @permadiaktivis1.

Ajakan itu dinyatakan Susi lantaran ia menilai selama ini cuitan Abu Janda menyinggung perasaan publik

"Ayo unfollow. Untuk kedamaian dan kesehatan kita semua. Ayo! Ayo!," tulis Susi dalam akun Twitter @susipudjiastuti, Jumat (29/1).

Ia berpendapat tidak sepantasnya Abu Janda membuat cuitan yang menyinggung perasaan publik, apalagi di masa pandemi Covid-19.

"Saya pikir saatnya dihentikan ocehan2 model seperti ini yg selalu menyinggung perasaan publik. Tidak sepantasnya dimasa sulit pandemic, hal2 yg tidak positif dibiarkan. Ayo kita un follow, dan jangan perdulikan lagi orang2 seperti ini. Salam sehat & damai," kata dia.

Sebelumnya, melalui akun twitternya, Abu Janda membuat kicauan soal islam agama arogan.

"Islam memang agama pendatang dari Arab, Agama Asli Indonesia itu Sunda Wiwiwtan, Kaharingan dll. Dan memang arogan, mengharamkan tradisi asli, ritual orang dibubarkan pake kebaya murtad, wayang kulit diharamkan. Kalau tidak mau disebut arogan, jangan injak2 kearifan lokal @awemany," kicaunya lewat akun @permadiaktivis1, Senin (25/1).

Tak hanya dari Susi, pernyataan itu juga menuai kritik dari berbagai tokoh Islam.

(yoa/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK