TIPS OTOMOTIF

Tips Kuras Oli Matic Peugeot, Bersih-bersih Tiap 40 Ribu Km

fea, CNN Indonesia | Selasa, 02/02/2021 07:52 WIB
Interval melakukan flush atau kuras oli transmisi matic mobil Peugeot cukup lama mengingat prosesnya cukup rumit. Ilustrasi mobil-mobil Peugeot di Indonesia. (Dok. Astra Peugeot Solo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penggantian reguler oli mesin wajib dilakukan namun hal ini tidak efisien dalam jangka panjang sebab kotoran yang membandel terkadang tidak ikut keluar saat oli lama dibuang. Solusi untuk hal ini yaitu flush atau kuras oli.

Kotoran membandel yang tertinggal meski sudah ganti oli baru bisa muncul dari endapan sisa oli lama. Penyebab lainnya, menurut Roni Agung, Kepala Bengkel Astra Peugeot Sunter, yaitu 'bubuk' atau residu hasil gesekan antarkomponen di dalam mesin dan transmisi.

Dikatakan untuk menyingkirkan bubuk itu dari dalam mesin dibutuhkan proses flush agar kerja komponen bisa kembali maksimal.


"Langkah ini untuk memaksimalkan kerja gearbox matic yang banyak diaplikasi mobil-mobil Peugeot. Makanya agar performanya meningkat, gearbox matic disarankan untuk di-flush secara berkala," kata Roni, dalam siaran resmi, Minggu (1/2).

Roni menyarankan flush sebaiknya dilakukan setiap 40 ribu km untuk mobil matic Peugeot. Dia bilang interval flush butuh waktu lama sebab prosesnya lebih rumit dan beda dari penggantian oli matic reguler.

Pada penggantian oli gearbox matic mobil Peugeot biasanya cuma butuh 4 liter. Volume ini merupakan oli yang ada di penampungan.

Sedangkan untuk proses flush disebut butuh 8 liter. Selain itu juga membutuhkan alat khusus bernama Flush Autogearbox.

"Sedangkan flush gearbox matic perlu didukung alat khusus, sehingga volume pelumas yang biasanya sekitar 8 liter terkuras semua. Jadi benar-benar bersih, karena kotoran di dasar dan melekat di komponen ikut terbuang," jelas Roni.

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK