Kaesang Ajak Elon Musk Kolaborasi soal Pisang dan Tesla

fea, CNN Indonesia | Selasa, 02/02/2021 14:17 WIB
Anak bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, mengajak kolaborasi pemilik Tesla, Elon Musk, sambil bilang pisang bisa menghasilkan listrik. Kaesang Pangarep ajak Elon Musk kolaborasi, sebut pisang bisa hasilkan listrik. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengusaha makanan olahan pisang, Kaesang Pangarep, mengajak salah satu orang terkaya di dunia sekaligus pemilik produsen mobil listrik Tesla, Elon Musk, berkolaborasi. Anak bungsu Presiden Joko Widodo ini bilang pisang bisa menghasilkan listrik.

Kaesang menyampaikan hal itu dalam cuitannya di Twitter, namun tanpa penjelasan lebih lanjut.


Kaesang yang lahir 26 tahun lalu telah mendirikan bisnis makanan pisang bernama Sang Pisang pada 2017. Sang Pisang merupakan salah satu bagian induk usaha food and beverage PT Harapan Bangsa Kita yang dijalankan Kaesang selain Yang Ayam, Ternakopi, Siap Mas, Let's Toast, dan Enigma Camp.

Sejauh ini belum dipahami maksud sebenarnya cuitan Kaesang. Ada kemungkinan hal ini cuma guyonan atau bisa juga serius mengingat pisang benar bisa menghasilkan listrik.

Dua tahun lalu mahasiswa dari Universitas Brawijaya pernah menciptakan pembangkit tenaga listrik dari limbah kulit pisang.

Tegangan listrik dihasilkan dari aktivitas mikroba yang ada di dalam karbohidrat kulit pisang menggunakan teknologi Microbial Fuel Cell (MFC).

Salah satu mahasiswa peneliti menjelaskan kulit pisang mengandung karbohidrat dan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, klorida, kalsium, dan besi. Mikroba dalam glukosa di karbohidrat kulit pisang dikatakan bakal menghasilkan asam asetat kala dimasukkan ke dalam reaktor MFC.

Asam asetat adalah zat elektrolit yang bersifat konduktor elektrik sehingga dapat menimbulkan arus listrik.

(fea/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK