Mengenal WhatsApp GB yang Viral Hingga Ancaman Bagi Pengguna

CNN Indonesia | Selasa, 02/02/2021 17:13 WIB
Aplikasi WhatsApp GB atau WA GB sedang ramai diperbincangkan di media sosial. Ilustrasi WhatsApp GB. (CNN Indonesia/ Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aplikasi WhatsApp GB atau WA GB sedang ramai diperbincangkan di Twitter. Aplikasi tersebut dinilai oleh sejumlah netizen ilegal dan membahayakan privasi pengguna.

WA GB bukan aplikasi baru. Beberapa tahun lalu, aplikasi tersebut juga menjadi perbincangan banyak orang.

Dalam laman resmi, WhatsApp menyatakan bahwa pihaknya tidak mendukung aplikasi tersebut. WA GB adalah aplikasi tidak resmi yang dikembangkan oleh pihak ketiga. Seperti WhatsApp Plus, perusahaan menilai WA GB melanggar ketentuan layanan.


"WhatsApp tidak mendukung aplikasi pihak ketiga ini karena kami tidak dapat mevalidasi praktik keamanannya," kata WhatsApp.

WhatsApp menyampaikan akan melakukan tindakan berupa pemblokiran sementara akun pengguna yang terdeteksi menggunakan WA GB. WhatsApp akan melakukan pemblokiran secara permanen jika akun pengguna tidak beralih ke aplikasi resmi setelah diblokir sementara.

WhatsApp menyediakan informasi bantuan bagi pengguna yang hendak beralih dari WA GB ke aplikasi resmi. Namun, mereka tidak dapat menjamin bantuan akan sukses karena WhatsApp tidak mendukung aplikasi yang tidak resmi.

Melansir situs resmi, WA GB adalah WhatsApp MOD, sebuah aplikasi Android yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan kontak pengguna, tetapi memiliki tambahan fungsi baru yang tidak dapat ditemukan di aplikasi resmi.

WA GB adalah modifikasi dari aplikasi asli yang dikembangkan oleh pihak ketiga tanpa izin dari pemilik yang sah.

WA GB mengklaim sebagai alternatif terbaik dari aplikasi WhatsApp resmi untuk Android. WA GB yang juga disebut sebagai versi MOD (MODDED version) dari WhatsApp asli diklaim memiliki fitur dan fungsi tambahan daripada aplikasi resmi WhatsApp untuk Android yang dirilis oleh WhatsApp. Inc.

GB WhatsApp tidak dikembangkan atau dirilis oleh pengembang resmi WhatsApp, yaitu, WhatsApp Inc.. Sehingga, WhatsApp Inc. sama sekali tidak bertanggung jawab atas berfungsinya aplikasi WA GB di Android.

WA GB tidak tersedia di Play Store. Sehingga, pengguna Android harus mengaktifkan penginstalan aplikasi dari sumber pihak ketiga di perangkatnya.

WA GB juga tidak tersedia di App Store. Selain itu, aplikasi tersebut tidak bisa digunakan pada perangkat iOS seperti iPhone, iPad, atau iPod. Kebijakan penerbitan aplikasi dan ketentuan iOS yang membuat WA GB tidak bisa digunakan di perangkat Apple.

Adapun terkait dengan keamanan Whatsapp GB, sampai saat ini masih menjadi perdebatan. Pihak WA GB menyatakan bahwa pengguna aplikasinya tidak diblokir. Keadaan itu membuat mereka menilai bahwa WA GB tidak melanggar nilai-nilai utama WhatsApp resmi.

(jps/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK