Elon Musk Sebut Uji Coba Cip di Otak Manusia Mulai Tahun Ini

CNN Indonesia | Rabu, 03/02/2021 09:25 WIB
Setelah melakukan uji coba pada berbagai hewan, Neuralink bakal melakukannya pada otak manusia dengan misi menyembuhkan berbagai penyakit. Elon Musk. (AFP/BRENDAN SMIALOWSKI)
Jakarta, CNN Indonesia --

CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk mengatakan bahwa Neuralink, perusahaan pengembang chip dalam otak, bakal melakukan uji coba pada manusia pada akhir tahun ini.

Ia menyampaikan hal itu saat menjawab pertanyaan netizen di Twitter soal perkembangan Neuralink. Seorang netizen yang mengatakan pernah mengalami kecelakaan mobil pada 20 tahun lalu hingga mengalami lumpuh di bagian bahu mengajukan diri menjadi bahan studi klinis Neuralink.

Musk menanggapinya dengan membeberkan rencana uji coba pada manusia.


"Neuralink bekerja sangat keras untuk memastikan keamanan implan & berhubungan erat dengan FDA. Jika semuanya berjalan lancar, kami mungkin bisa melakukan uji coba awal pada manusia akhir tahun ini," cuit Musk.

Neuralink, start-up berbasis di San Francisco Bay Area yang didirikan Musk pada 2016 punya misi membenamkan komputer di otak manusia untuk membantu mengobati kondisi neurologis seperti Alzheimer, demensia, dan cedera tulang belakang.

Neuralink juga punya visi menciptakan simbiosis langsung antara manusia dan kecerdasan buatan.

The Hill menjelaskan, sebelum mengatakan bakal menguji coba pada manusia tahun ini, Musk pernah memprediksi pada 2019 bahwa hal itu bisa terjadi pada kuartal kedua 2020 lalu.

Melansir Business Insider, informasi terkait pengembangan proyek Neuralink sempat dibicarakan Musk di aplikasi sosial terbatas Clubhouse. Musk mengatakan Neuralink sudah menanamkan chip pada otak monyet yang memungkinkan hewan ini main gim hanya menggunakan pikiran.

"Anda bahkan tidak dapat melihat di mana implan saraf dipasang, kecuali bahwa dia punya sedikit mohawk hitam kecil" kata Musk.

Neuralink telah melakukan uji coba pada hewan selama bertahun-tahun. Pada tahun lalu, perusahaan itu memamerkan babi dengan chip di otaknya dan menampilkan sinyal saraf secara langsung.

(can/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK