Beda Fitur WhatsApp dan WhatsApp GB yang Rawan Pencurian Data

CNN Indonesia | Kamis, 04/02/2021 10:55 WIB
WhatsApp GB yang saat ini cuma bisa digunakan di Android menawarkan banyak personalisasi dibanding WhatsApp asli. Ilustrasi WhatsApp. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

WhatsApp GB merupakan tiruan WhatsApp dengan berbagai modifikasi dan fitur tambahan. Selama beberapa pekan terakhir WA GB lagi ramai dibicarakan netizen yang penasaran pada aplikasi yang tidak tersedia di Play Store ataupun App Store ini.

WhatsApp GB yang hanya bisa dipasang pada Android bisa diunduh melalui website resmi mereka dalam format data APK. Cara instal aplikasi tidak semudah WhatsApp sebab harus dilakukan manual.

Secara umum WhatsApp GB mirip WhatsApp dari segi tampilan, instalasi, serta pada proses mengirim dan menerima pesan. Dikutip dari How2shout pada Kamis (4/2), WhatsApp GB dan WhatsApp menggunakan server yang sama.


Pengembang WhatsApp GB dijelaskan memodifikasi informasi pada WhatsApp APK yang tidak dienkripsi. Modifikasi dan beberapa fitur ditambahkan pengembang di atas WhatsApp asli.

WhatsApp GB dikatakan tidak menimbulkan masalah pada operasi ponsel, namun pengguna yang menggunakan aplikasi ini untuk obrolan resmi, bisnis, atau komersial disarankan hati-hati sebab rentan kebocoran data.

Perbedaan Fitur

Salah satu kelebihan WhatsApp GB yaitu mampu mengirim data hingga 50 MB, sedangkan pengguna WhatsApp cuma diizinkan 16 MB.

WhatsApp juga hanya mengizinkan pengguna menulis status maksimal 139 karakter, sementara pengguna WhatsApp GB dapat menulis hingga 255 karakter.

Pengguna WhatsApp GB bisa menyembunyikan status 'last seen' hanya pada kontak tertentu. Sedangkan pada WhatsApp menyembunyikan 'last seen' berarti berlaku pada semua kontak.

Dikutip dari Systweak, WhatsApp dapat memblokir audio atau video sedangkan pada WhatsApp sistem blokir ini berlaku terbatas hanya pada kontak saja.

WhatsApp GB menawarkan tampilan dengan jutaan tema, ini membuat pengguna leluasa memilih. Selain itu WhatsApp GB dapat mengatur jadwal pengiriman pesan secara otomatis.

(can/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK