4 Ponsel Samsung Tak Lagi Terima Update

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Kamis, 04/02/2021 15:25 WIB
Samsung tidak akan memberi pembaruan secara rutin pada empat model ponselnya mulai tahun ini. Ilustrasi Samsung setop pembaruan untuk empat model ponsel. (Foto: (dok. Samsung))
Jakarta, CNN Indonesia --

Samsung dilaporkan tidak akan memberi pembaruan secara rutin pada empat model ponselnya mulai tahun ini. Langkah itu dilakukan untuk menjaga performa ponsel-ponsel lawas tersebut.

Keempat ponsel Samsung yang tidak akan mendapat pembaruan perangkat lunak mulai 2021 adalah Galaxy J3 Pop, Galaxy A7, Galaxy A5, dan Galaxy A3. Keempat ponsel itu diketahui meluncur pada 2017.

Melansir GSM Arena, Samsung juga melakukan kebijakan khusus kepada Galaxy A8 dan Galaxy A8S yang meluncur pada tahun 2018.


Galaxy A8 tidak lagi pembaruan bulanan, tetapi triwulan sekali. Sedangkan Galaxy A8S hanya sekedar pembaruan reguler.

Samsung menyampaikan Galaxy S21, S21 +, dan S21 + Ultra masuk ke dalam daftar pembaruan bulanan. Sementara Galaxy A02 dan Galaxy M12 yang diperkenalkan masuk dalam daftar triwulanan mengutip Android Police.

Menariknya, Samsung menyatakan Galaxy Fold 5G menjadi bagian dari ponsel yang tidak lagi menerima pembaruan keamanan. Namun, kebijakan itu diduga merupakan salah ketik.

5G Galaxy Fold diketahui masih dijual dalam jumlah terbatas dan tidak pernah tersedia secara resmi di luar Korea Selatan dan beberapa negara Eropa.

Sebagai catatan pembaruan sistem keamanan akan dilakukan ke pelbagai perangkat Samsung itu apabila ada celah keamanan (bug) yang membahayakan para pengguna, namun bukan menjadi agenda rutin Samsung dalam memperbarui sistem perangkat.

(jps/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK