Aplikasi Modifikasi Macam WA GB, Jadi Modus Pencurian Data

CNN Indonesia | Jumat, 05/02/2021 10:40 WIB
Aplikasi modifikasi seperti WhatsApp GB atau WhatsApp FM disebut berasal dari pengembang yang sama dan punya modus pencurian data. Ilustrasi WhatsApp. (CNN Indonesia/ Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aplikasi modifikasi Whatsapp (WhatsappMods)  seperti Whatsapp GB disebut tidak memiliki fitur pengamanan pesan enkripsi end-to-end yang artinya pihak ketiga dapat melihat isi pesan yang pengguna kirim ke kontak lain.

Hal ini diungkap Ahli digital forensik Ruby Alamsyah menanggapi kekhawatiran bahwa aplikasi WhatsApp GB dinilai ilegal dan membahayakan privasi pengguna.

"Pesan WA kita berikut foto dan video yang terkirim ada kemungkinan pihak lain bisa membaca," tuturnya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (4/2).


WhatasppMods adalah modifikasi dari aplikasi Whatsapp asli. Modifikasi dilakukan pengembang agar pengguna bisa memberikan fitur tambahan yang tak bisa dilakukan di Whatsapp asli. Misal, mengirim file dalam ukuran besar atau mengirimkan pesan ke lebih banyak pengguna di luar batasan yang telah ditentukan Whatsapp.

Sehingga, Ruby mengimbau kepada pengguna yang mementingkan data diri dan percakapan obrolan yang private, tentunya tidak disarankan untuk menggunakan aplikasi modifikasi ini.

Pola kriminal

Lebih lanjut, Ruby menilai marak aplikasi WhatsApp modifikasi atau modsseperti WhatsAppGByang belakangan buat heboh masuk dalamkategori pola kriminal.

mengatakan WA modsmenyasar target yang lebih banyak agar dapat mengambil sesuatu dari penggunanya.

"Saya melihat dari pattern membuat aplikasi serupa tapi berbeda-beda seperti membuat pola kriminal, yaitu mereka menyiapkan 2 bahkan 3 opsi agar target yang mereka sasar lebih banyak," ujar Ruby

Ruby mengatakan, aplikasi mods seperti WhatsAppGB atau WhatsAppFM yang pernah juga muncul berasal dari pengembang aplikasi yang sama.

WhatsApp pun menegaskan akan melakukan tindakan berupa pemblokiran sementara akun pengguna yang terdeteksi menggunakan WA GB.

"WhatsApp akan melakukan pemblokiran secara permanen jika akun pengguna tidak beralih ke aplikasi resmi setelah diblokir sementara," tulis WhatsApp di laman resmi.

Tidak hanya aplikasi WA GB, dikutip Systweak, modifikasi WhatsApp juga ada dalam nama lain seperti FM WhatsApp, OGWhatsApp, Fouad WhatsApp dan YoWhatsApp. Masing-masing mod memiliki fitur yang berbeda.

(can/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK