Keuntungan dan Kelebihan Asuransi Mobil All Risk atau TLO

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Sabtu, 06/02/2021 16:34 WIB
Ada dua jenis perlindungan asuransi mobil yaitu All Risk dan Total Loss Only (TLO) yang memiliki perbedaan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Asuransi dapat menghemat pengeluaran tak terduga akibat kecelakaan. (Foto: Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebagai upaya melindungi mobil kesayangan dari kejadian tak terduga di jalan, menggunakan asuransi bisa menjadi solusi tepat. Dengan asuransi paling tidak kita dapat menghemat pengeluaran tak terduga akibat karena kecelakaan.

Namun, sebelum membeli asuransi kita sebaiknya memahami mengenai jenis-jenis metode 'perlindungan' ini.

Ada dua jenis perlindungan asuransi mobil yaitu All Risk dan Total Loss Only (TLO). Dua jenis asuransi tersebut memiliki perbedaan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.


Misalnya all risk, dapat memberi perlindungan jaminan sebagai jenis kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan.

Sebagai contoh jika mobil terserempet angkutan umum, sehingga menyebabkan kerusakan minor yang membuat mobil kurang nyaman dipandang.

Dalam kasus ini, klaim bisa dilakukan apabila asuransi yang dimiliki all risk. Asuransi ini menurut Garda Oto cocok bagi Anda yang menggunakan mobil sebagai alat transportasi sehari-hari.

Namun pemilik kendaraan juga harus perhatian pasal-pasal seperti mobil korban kebanjiran, hura-hara dan bencana alam. Umumnya standar umum polis asuransi tidak menyertakan premi tersebut untuk pertanggungan kerusakan mobil. Karena itu pemohon harus teliti sebelum membeli polis asuransi.

Bila perlu lakukan perluasan asuransi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sedangkan, perlindungan asuransi TLO menjamin mobil Anda atas kehilangan atau kerusakan yang senilai lebih dari 75 persen dari harga mobil.

Artinya jika terjadi kerusakan ringan maka tidak akan ditanggung atau dijamin. Namun, bukan berarti jaminan asuransi TLO dapat dijadikan pilihan terbawah.

Dalam penggunaan mobil, kerusakan lebih dari 75 persen akibat kelalaian diri sendiri atau orang lain tetap bisa terjadi.

"Kalau mobilnya jarang digunakan, terus faktor risiko terserempet atau tergores kecil, ya TLO bolehlah," kata SVP Communication & Customer Service Management Asuransi Astra L. Iwan Pranoto melalui pesan singkat, Jumat (5/2).

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK