Chip Langka Bikin Susah Produksi Ponsel, PS5, Hingga Mobil

CNN Indonesia | Kamis, 11/02/2021 11:02 WIB
Kelangkaan chip membuat produksi hp seperti iPhone, PS5, hingga mobil terhambat. Ilustrasi. Kelangkaan chip membuat produksi hp seperti iPhone, PS5, hingga mobil terhambat. (AFP/YELIM LEE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kelangkaan produksi chip berimbas pada berbagai lini, mulai dari produksi handphone (HP) iPhone milik Apple, PS5 hingga mobil.

Perusahaan teknologi Apple yang merupakan pelanggan setia penyedia chip Qualcomm mengatakan mereka harus membatasi penjualan iPhone lantaran kekurangan komponen.

Sementara Sony Corp juga mengatakan tengah kesulitan dalam mencari komponen untuk memproduksi game konsol terbarunya Playstation 5 yang baru rilis.


Selain itu, produsen kendaraan seperti General Motor, Stellantis dan Honda Motor menutup perakitan kendaraan lantaran kekurangan pasokan chip.

Langkanya chip yang kerap digunakan dalam pengoperasian komputasi hingga mobil itu membuat produsen kelimpungan dalam mencari bahan baku produksi.

Pembuat chip yang di Asia bergegas memperbanyak produksi untuk menyuplai permintaan global yang kian naik.

Produsen pembuat Chip asal China Semiconductor Manufacturing International Corp mengatakan pihaknya berencana untuk meningkatkan produksi sebanyak 45 ribu wafer semikonduktor per bulan di tahun ini.

"Kami berada di bawah tekanan besar sekarang," kata Zhao Haijun, co-CEO China Semiconductor Manufacturing International Corp.

Namun ia mengingatkan, peningkatan kapasitas tidak terjadi dengan cepat karena terbatas dengan pengadaan peralatan dan rantai pasokan.

Seperti TSMC, United Microelectronics Corp (UMC) dan SK Hynix juga dikabarkan tengah menggenjot produksi chip. Mereka mendongkrak produksi bulanan untuk menyediakan suplai chip kepada industri lain.

Neil Mawston analis di Strategy Analytics mengatakan, harga komponen utama ponsel pintar termasuk chipset akan naik sebanyak 15 persen dalam tiga hingga enam bulan terakhir.

"Pandemi virus Covid-19, jarak sosial di pabrik, dan meningkatnya persaingan dari tablet, laptop, dan mobil listrik memberatkan pasokan komponen dalam beberapa tahun ini," kata Mawston, melansir SCMP

Langkanya chip juga ditunjang dengan peningkatan konsumsi pengguna yang naik saat karantina di awal pandemi Covid-19 tahun lalu. Di sisi lain, produksi turun akibat pembatasan sosial di pabrik.

Reuters melaporkan hal ini diperkeruh dengan sanksi yang dilayangkan pemerintah Amerika Serikat terhadap pabrikan chip asal China. 

Pabrik pembuatan chip berukuran delapan inci yang sebagian besar dimiliki oleh perusahaan Asia mengalami kesulitan karena kurangnya investasi dalam beberapa tahun terakhir.

(can/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK