UJI PRODUK

Review 1More Colorbuds, Earbud Harga Rp1 Jutaan

CNN Indonesia | Senin, 15/02/2021 09:18 WIB
True Wireless Stereo (TWS) telah menjadi tren saat ini karena bentuknya yang didesain sederhana terutama untuk mendengarkan musik. Samsung Galaxy Buds Pro. (dok. Samsung)
Jakarta, CNN Indonesia --

True Wireless Stereo (TWS) telah menjadi tren saat ini. Banyak orang memilih TWS sebagai salah satu perangkat elektronik untuk beraktivitas, terutama untuk mendengarkan musik.

TWS semakin disukai karena bentuknya yang sederhana, tidak membutuhkan kabel layaknya earphone lawas. Dengan dukungan bluetooth, perangkat itu sudah bisa terkoneksi dengan ponsel hingga laptop.

Salah satu TWS yang hadir ke pasaran Indonesia adalah 1More Colorbuds. Hadir dengan empat pilihan warna, yakni Midnight Black, Twilight Gold, Spearmint Green dan Sakura Pink, 1More Colourbuds hanya dijual dengan harga Rp1 jutaan.


Desain

CNNIndonesia.com berkesempatan menjajal 1More Colorbuds berwarna hitam. Secara desain, Colourbuds terbilang sederhana, tapi fashionable. Tidak ada tangkai untuk menampung mikrofon. Case-nya pun demikian, berbentuk oval tanpa ada ornamen yang macam-macam.

Pada Colourbuds, mikrofon sudah tertanam di dalam setiap earbud. Bobot setiap earbud juga hanya 4,1 gram Sedangkan berat case 32,1 gram. Jika kedua earbud berada di dalam case sekitar 40,3 gram.

Dimensi tunggal earbud juga terbilang cukup kecil, hanya 27x21x20 milimeter. Sedangkan dimensi case 69x30x38 mm. Dengan ukuran seramping itu membuat Colourbuds sangat nyaman digenggam dan bisa disimpan di kantong pakaian.

Bodi Colorbuds terbuat dari plastik Acrylonitrile butadiene styrene (ABS). Sehingga tidak akan meninggalkan sidik jari ketika disentuh. Selain itu, tidak ada tombol fisik pada perangkat itu.

Butuh penyesuaian ketika pertama kali menggunakan Colourbuds di telinga karena bentuknya yang terbilang berbeda dari TWS pada umumnya.

Terdapat lampu LED sebagai penanda koneksi dan kondisi baterai di bagian luar. Sedangkan di bagian dalam terdapat tiga pin metalik dan sensor jarak yang bisa menjeda musik secara otomatis saat earbud dilepas dari telinga dan mulai memutarnya lagi saat earbud digunakan.

Ketahanan

Baterai Colourbuds terbilang cukup awet karena bisa digunakan hingga 6 jam dalam satu kali pengisian daya. Jika habis, earbud cukup ditempatkan kembali ke dalam case untuk diisi daya baterainya secara nirkable.

Berdasarkan keterangan, wadah pengisi daya portable Colorbuds diklaim menampung energi hingga 22 jam. Dengan dukungan pengisian daya cepat. Colorbuds bisa digunakan selama 2 jam hanya dengan mengisi daya selama 15 menit.

Secara lebih spesifik, kapasitas baterai setiap earbud sebesar 55 mAh. Sedangkan baterai pada case sebesar 410 mAh. Butuh waktu sekitar lebih dari satu jam bagi kedua earbud dan casing terisi 100 persen.

Selain baterai yang tahan lama, Colorbuds juga terbilang kuat. Sebab, perangkat itu tahan air (IPX5) dan keringat. Colorbuds tetap merekat di telinga meski terkena keringat saat digunakan berolahraga di dalam atau di luar ruangan.

Fitur Hingga Kualitas Audio

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK