Samsung Galaxy S21 Diklaim Mampu Bertahan Dalam Air 13 Hari

M. Ikhsan | CNN Indonesia
Kamis, 11 Feb 2021 20:51 WIB
Galaxy S21 sempat memberikan notifikasi peringatan yang tertulis 'Moisture detected' atau smartphone mendeteksi adanya kelembaban di sekitarnya. Samsung Galaxy S21 tahan air dalam uji coba selama 13 hari. (Foto: (dok. Samsung))
Jakarta, CNN Indonesia --

Samsung Galaxy S21 yang diluncurkan secara global pada 29 Januari 2021, diklaim mampu bertahan dalam air selama 13 hari.

Channel Photo Owl Time Lapse membuat live streaming pengujian ketahanan air Galaxy S21 yang dimasukkan ke dalam akuarium.

Galaxy S21 memberikan notifikasi peringatan yang tertulis 'Moisture detected' atau smartphone mendeteksi adanya kelembaban di sekitarnya. Peringatan itu muncul setelah Galaxy S21 direndam selama 117 jam 53 menit.


"Ponsel memberikan peringatan "kelembaban terdeteksi" setelah terendam selama 117 jam dan 53 menit," bunyi keterangan.

Lebih lanjut ia menulis, Galaxy S21 harus dikeluarkan dari dalam air selama dua kali untuk menyetel ulang pengatur waktu, karena stopwatch S21 tidak dapat melebihi 99 jam 59 menit.

Selain itu, pengguna mendapati layar yang tidak responsif dan dengan sendirinya berpindah-pindah aplikasi. Layar kembali normal setelah pengguna menekan beberapa tombol dan akhirnya berfungsi kembali.

Setelah uji air selama 241 jam, mereka menguji speaker di dalam air untuk melihat bagaimana pengeras suara itu tetap bertahan. Hasilnya, speaker itu hampir tidak berfungsi di dalam air.

Uji coba tersebut menurut Geeky-gadgets sengaja dilakukan untuk mengetahui seberapa bertahan Samsung Galaxy S21 di dalam air

Dikutip Gizmo China (11/2), uji coba yang dilakukan lebih dari 11 hari itu menggunakan sistem pengisian daya baterai nirkabel yang berada di balik tangki air.

Smartphone ini mendapatkan peringkat IP68 untuk ketahanan air. Artinya dapat berada di bawah kedalaman 1,5 meter dalam waktu 30 menit.

Meskipun Samsung memberi garansi kepada pembelinya, tetapi pihaknya enggan memperbaiki jika ponsel tersebut rusak oleh air. Jadi, disarankan untuk tidak mencoba apakah ponsel Anda tahan terhadap air atau tidak.

[Gambas:Youtube]

(mik/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER