Alasan Instagram Blokir Akun Keponakan John F Kennedy

CNN Indonesia | Kamis, 11/02/2021 20:21 WIB
Akun Robert F Kennedy Jr, yang merupakan keponakan eks Presiden AS John F Kennedy diblokir Instagram. Robert F. Kennedy Jr diblokir Instagram. (REUTERS/MIKE SEGAR)
Jakarta, CNN Indonesia --

Platform media sosial Instagram dikabarkan telah menghapus akun aktivis anti-vaksin Covid-19 yang dinilai kontroversial Robert F. Kennedy Jr, Rabu (10/2).

"Kami menghapus akun ini karena beberapa kali membagikan klaim yang tidak benar tentang virus atau vaksin," ujar juru bicara Facebook- Instagram mengutip CNN.

Kennedy yang merupakan putra mantan Jaksa Agung Amerika Serikat (AS) secara beberapa kali menentang vaksin melalui media sosialnya. Halaman Facebook anti-vaksin keponakan mantan Presiden AS John F Kennedy itu kini memiliki lebih dari 300 ribu pengikut dan masih aktif memberikan publikasi.


Facebook mengatakan tidak akan menghapus seluruh akun Kennedy dan saat ini tidak akan menghapus secara permanen akun Kennedy.

Children's Health Defense sebuah yayasan yang dibangun oleh Kennedy mengungkapkan keraguan tentang manfaat kesehatan dari vaksin. Namun, pihaknya mengatakan tidak dapat mengomentari tindakan Instagram yang memblokir akun Kennedy.

Belakangan, Facebook telah berjuang untuk menindak kesalahan informasi vaksin Covid-19. Selain itu ada upaya lain yang dilakukannya pada awal pekan ini.

Facebook telah mengumumkan beberapa cara untuk memerangi informasi hoaks tentang vaksin. Termasuk dengan cara mempersulit pengguna mencari akun Instagram dan Facebook, yang kerap bernarasi menolak vaksin.

Sementara, grup Facebook yang menentang vaksin tetap mudah ditemukan. Temuan itu menimbulkan kekhawatiran di kalangan ahli kesehatan masyarakat, mengingat AS sedang meluncurkan vaksin untuk mengatasi pandemi virus Covid-19.

Mengutip NY Times, selain akun Kennedy, Instagram telah menghapus delapan akun Instagram dan halaman Facebook lainnya karena dinilai menyalahi kebijakan yang diperbarui.

Kennedy sebelumnya berprofesi sebagai pengacara bidang lingkungan di AS. Namun sekarang ia lebih dikenal sebagai pejuang anti vaksin.

Sebuah studi pada 2019 menemukan ada beberapa kelompok yang mendanai lebih dari setengah iklan Facebook untuk menyebarkan informasi hoaks tentang vaksin.

Meskipun Kennedy tidak secara langsung menentang vaksin, ia secara terselubung mendukung pihak yang tidak mempercayai vaksin dan berpendapat lebih aman tertular virus corona, daripada diinokulasi untuk melawannya.

(can/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK