Singkirkan iPhone SE, Apple Tetap Bikin iPhone 13 Mini 2021

eks, CNN Indonesia | Selasa, 16/02/2021 12:45 WIB
Apple kabarnya akan menyingkirkan iPhone SE agar tetap produksi iPhone 13 Mini 2021, meski iPhone 12 Mini tak terlalu laku. Apple akan tetap buat iPhone 13 mini tahun ini dan singkirkan seri SE. (dok. screenshot Apple)
Jakarta, CNN Indonesia --

Apple dikabarkan tetap membuat iPhone 13 Mini dan menyingkirkan seri SE tahun ini, meski penjualan iPhone 12 Mini dilaporkan tak terlalu laku tahun lalu.

Penjualan iPhone Mini hanya 5 persen dari total penjualan iPhone 12. Berdasarkan beberapa sumber, alasan penjualan buruk iPhone 12 lantaran kesuksesan iPhone SE (2020).

Sehingga, dengan tidak meluncurkan iPhone SE pada 2021, diperkirakan penjualan iPhone 13 Mini akan lebih baik.


Pasalnya, iPhone SE dijual dengan harga lebih murah dari iPhone 12 Mini. Sehingga, ponsel itu memakan pasar seri Mini. Setidaknya pelanggan bisa menghemat US$300 (sekitar Rp4,1 juta; kurs Rp13.919,80) dengan membeli SE ketimbang Mini.

Demi menghemat hingga Rp4 jutaan ini, pelanggan rela tak mendapat chipset Apple teranyar Bionic A14 dan memilih tetap menggunakan A13 yang disematkan di SE. Mereka juga memilih untuk tak mendapat 5G yang membuat Mini lebih mahal dan lebih boros daya, seperti dilansir Notebook Check

Baru-baru ini muncul laporan kalau Apple menghentikan produksi iPhone 12 mini. Alasan pemberhentian produksi karena perusahaan telah memenuhi kebutuhan penjualan untuk sepanjang tahun. Hal ini menimbulkan spekulasi penjualan ponsel itu tak memenuhi proyeksi perusahaan.

Meski demikian, Apple disebut bakal tetap meluncurkan versi mini untuk jajaran iPhone 13 pada 2021, seperti diungkap Jon Prosser yang kerap memberikan bocoran soal Apple.

Kemungkinan Apple tetap akan menjual iPhone 12 Mini sebagai komitmen untuk memberikan pilihan ponsel dengan ukuran yang lebih kecil.

Tapi, muncul kemungkinan Apple tak melanjutkan produksi iPhone SE tahun ini. Karena produk ini berada di rentang harga yang mirip dengan iPhone Mini.

Sejumlah laporan menyebut hal ini tidak menandakan akhir hidup iPhone SE, setidaknya tidak tahun ini. Kemungkinan Apple akan meluncurkan iPhone SE Plus, seperti mengutip GizmoChina

(eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK