Cara Kompres Foto dan PDF untuk Daftar SNMPTN 2021

tim, CNN Indonesia | Selasa, 16/02/2021 14:36 WIB
Cara kompres foto dan PDF untuk mendaftar SNMPTN 2021 dapat dilakukan dengan mudah melalui bantuan sejumlah aplikasi dan web. Cara kompres foto dan PDF untuk mendaftar SNMPTN 2021 dapat dilakukan dengan mudah melalui bantuan sejumlah aplikasi dan web. (Foto: ANTARA FOTO/Herman Dewantoro)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sudah membuka pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021 pada Senin (15/2) kemarin pukul 15.00 WIB.

Ada syarat-syarat tertentu yang membutuhkan file softcopy dengan ukuran yang telah ditetapkan. Mungkin di antara Anda ada yang belum mengetahui cara kompres foto dan PDF untuk mendaftar SNMPTN 2021, berikut caranya:

Cara Kompres Foto

Windows


Bagi Anda pengguna Windows, Anda bisa mengkompres foto di Microsoft Picture Manager untuk mengurangi ukuran file dan dimensi gambar. Caranya sebagai berikut:

  1. Pilih gambar yang ingin Anda kompres.
  2. Klik tab Format Alat Gambar/Picture Tools Format lalu klik Kompres Gambar/Compress Pictures.
  3. Untuk memadatkan gambar Anda dan hendak disisipkan ke dalam dokumen, klik opsi Resolusi/Resolution, lalu Cetak/Print.
  4. Untuk dipublikasikan di halaman web, klik web
  5. Untuk dikirim ke dalam pesan email, lakukan cara yang sama seperti di atas lalu klik Email
  6. Klik Ok dan beri nama lalu simpan gambar yang dikompresi di file yang Anda sudah buat.

Mac / iOs

Selain di aplikasi bawaan Windows, Anda juga bisa mengkompres foto di aplikasi bawaan Mac, caranya:

  1. Buka aplikasi Pratinjau/Preview di Mac Anda lalu klik Sesuaikan Ukuran/Adjust Size.
  2. Masukkan ukuran file foto yang ingin dikompres di kolom opsi Sesuaikan Dengan/Fit Into.
  3. Selesai, foto Anda telah terkompres.
Peserta ujian tulis berbasis komputer (UTBK) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sedang melaksanakan ujian di Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun, Jakarta, Minggu, 5 Juli 2020. UTBK tahap 1 dilaksanakan pada tanggal 5-12 Juli 2020 dengan jumlah total peserta yang tercatat mengikuti tes sebanyak 42.463 orang. CNN Indonesia/Bisma SeptalismaPahami cara kompres foto dan PDF untuk mendaftar SNMPTN 2021 (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Cara Kompres Foto Menjadi PDF

Selain mengkompres foto, mengkompres PDF juga perlu untuk mendaftarkan diri di SNMPTN 2021. Berikut caranya:

  1. Buka laman salah satu aplikasi web penunjang di https://smallpdf.com/compress-pdf. Anda dapat menggunakan browser web apapun baik di Windows maupun Mac.
  2. Pilih opsi File yang ada di tengah-tengah Beranda web.
  3. Pilih PDF yang ada di PC Anda.
  4. Klik Open/Buka dan pilih file akan diunggah dan mulai dikompresi.
  5. Pilih opsi Download/Unduh yang berada di sisi kiri layar.
  6. Selesai, file PDF Anda sudah terkompresi.

Cara Mendaftar SNMPTN 2021

Pendaftaran SNMPTN 2021 dilakukan melalui portal LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id atau melalui laman https://snmptn.ltmpt.ac.id.

Pada SNMPTN tahun ini, ada 86 pilihan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia yang dapat dilihat ketika sudah mendaftar.

Sejumlah siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar secara tatap muka saat simulasi di SMAN 1 Mataram, NTB, Senin (14/9/2020). Sejumlah sekolah menengah atas di Mataram menggelar pelaksanaan simulasi pembelajaran tatap muka selama sepekan yang diikuti oleh 18 siswa di setiap kelasnya dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 seperti wajib pakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan saat pulang sekolah siswa dijemput oleh orang tua murid untuk menghindari penggunaan angkutan umum. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj.Sebelum mendaftar, siapkan dulu berkas dan pahami cara kompres foto dan PDF untuk mendaftar SNMPTN 2021 (Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI)

Adapun cara pendaftaran SNMPTN yang dikeluarkan oleh LTMPT ada tujuh tahapan:

  1. Login di portal LTMPT dengan menggunakan alamat email dan password yang didaftarkan.
  2. Siswa mengisikan "Kelengkapan Data Orang Tua" pada halaman PROFIL.
  3. Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan prodi yang dipilih pada halaman PILIHAN.
  4. Siswa mengisikan portofolio pada halaman PORTOFOLIO, jika prodi yang diplih mensyaratkan dokumen portofolio. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan dokumen portofolio, maka halaman ini tidak perlu diisi.
  5. Siswa mengisikan prestasi pada halaman PRESTASI. Isian prestasi pada halaman ini bersifat tidak wajib. Hanya diisi dengan bidang dan tingkat prestasi yang disyaratkan pada masing-masing pilihan di kolomnya.
  6. Siswa melakukan finalisasi pada halaman FINALISASI jika semua isian data sudah diyakini kebenarannya. Setelah melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak bisa diubah dengan alasan apapun.
  7. Siswa mengunduh dan mencetak kartu registrasi. Setiap tahapan akan dijelaskan lebih detail pada bagian selanjutnya dalam dokumen ini.

Pengumuman SNMPTN 2021 bisa diakses pada 22 Maret 2021, melalui laman LTMPT di https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id. Untuk menyiapkan semuanya, terlebih dahulu bisa pahami cara kompres foto dan PDF untuk mendaftar SNMPTN 2021.

Pendaftar yang tidak lolos jalur SNMPTN masih dapat mencoba melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau seleksi mandiri yang dibuka oleh masing-masing PTN.

(din/fjr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK