Cara Pakai Share Location di WhatsApp untuk Android dan iOS

tim, CNN Indonesia | Rabu, 17/02/2021 14:12 WIB
Untuk memudahkan pengguna berbagi titik lokasi, cara share lokasi di WhatsApp bisa dengan mudah dipelajari. Ilustrasi: Untuk memudahkan pengguna berbagi titik lokasi, cara share lokasi di WhatsApp bisa dengan mudah dipelajari. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Fitur share lokasi di WhatsApp memang didesain untuk memudahkan penggunanya berbagai alamat dan lokasi ketika berpergian ke suatu tempat atau sedang tersasar di suatu wilayah.

Meskipun terdengar berisiko, fiturs hare lokasi ini sudah dilengkapi protected by end-to-end encryption seperti pada sistem perpesanan WhatsApp, artinya pengguna dapat mengontrol dengan siapa Anda berbagi lokasi dan seberapa lama waktu yang dibutuhkan.

Berikut cara share lokasi di WhatsApp untuk pengguna Android dan iOS dengan dua opsi, yaitu share live location secara real time atau send your current location.


Share live location WhatsApp

Live location akan memberi informasi lokasi pengguna kepada lawan bicara, meski pengguna bergerak dari lokasi di mana pertama ia mengirim lokasi. Cara share live location cukup mudah, dan tidak perlu menggunakan aplikasi atau tools tambahan, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp melalui ponsel.
  2. Pilih ikon(+)untuk pengguna iOS dan ikon clip kertas atau seperti lampiran, sementara untuk Android, ikon clip ada di chat room.
  3. Pilih 'Location'
  4. Setelahnya akan muncul opsi 'share live location.'
  5. Tentukan durasi yang diinginkan untuk berbagi lokasi keberadaan, mulai dari 15 menit, 1 jam hingga 8 jam.

Share Lokasi di WhatsApp

Send current location berarti pengguna memberi informasi titik atau koordinat di mana pengguna berada. Namun, berbeda dengan live location, jika pengguna bergerak, informasi lokasi yang diberikan tetap menunjukkan titik awal saat mengirim, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pilih ikon(+)untuk pengguna iOS dan ikon clip kertas atau seperti lampiran, sementara untuk Android, ikon clip ada di chat room.
  3. Pilih 'Location'.
  4. Akan muncul opsi 'send your current location'.
  5. Sinyal GPS(Global Positioning System)yang mendeteksi keberadaan pengguna akan mengirimkan lokasi ke kontak yang dituju.
  6. Jika sudah benar, pilih dan klik 'send your current location'.

Untuk memastikan titik lokasi tepat, pengguna WhatsApp bisa menulis alamatnya pada kolom 'Search' sebelum melakukan share live location atau send your current location.

İstanbul, Turkey - July 14, 2015: Hands holding a iPhone 6 Plus displaying WhatsApp messaging application. iPhone is a touchscreen smart phone produced by Apple Inc.Kenali cara share lokasi di WhatsApp untuk memudahkan Anda berbagi informasi lokasi dengan akurat (Foto: istockphoto/hocus-focus)

Tapi perlu diingat, bahwa cara share lokasi di WhatsApp ini bisa saja tidak berfungsi sebagaimana mestinya apabila pengguna masih nonaktifkan pengaturan GPS pada ponsel.

Sebelum membagikan lokasi keberadaan, pengguna harus memastikan bahwa sinyal Wi-Fi atau sinyal seluler stabil, hal ini sangat berpengaruh pada akurasi titik lokasi.

Cara untuk mengaktifkan GPS (Global Positioning System)bagi pengguna iOS adalah sebagai berikut:

  1. Buka"Pengaturan" pada menu
  2. Pilih "Privasi"
  3. Pilih "Layanan Lokasi"
  4. Ubah menjadi ON
Pengedaraan menggunakan Google GPS  (global positioning system), Jakarta, 9 Februari 2019. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)Salah satu hal penting dalam cara share lokasi di WhatsApp adalah tidak lupa aktifkan GPS (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)

Sementara untuk pengguna Android, langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka "Pengaturan" pada menu
  2. Pilih "Lokasi"
  3. Ubah menjadi ON

Ada juga pilihan Mode Lokasi pada ponsel Android, untuk menentukan keberadaan berdasarkan tiga opsi di antaranya akurasi tinggi, hemat baterai dan perangkat saja.

Itulah cara share lokasi di WhatsApp, fitur ini amat memudahkan pengguna ketika memberi panduan kepada lawan bicara di WhatsApp, agar dapat memberi informasi titik lokasi secara jelas dan real time.

(avd/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK