TIPS OTOMOTIF

5 Ritual Sebelum Beli Mobkas, Hindari Terkena Jebakan Batman

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Rabu, 17/02/2021 20:35 WIB
Membeli mobil bekas ada ritual khusus yang harus dilakukan calon pembeli. Tips membeli mobil bekas. (Foto: ANTARA FOTO/AJI STYAWAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebelum membeli mobil bekas dianjurkan bagi calon pembeli untuk melakukan pengecekan menyeluruh terhadap kendaraan yang diincar. Ini penting dilakukan untuk menghindari 'tipu-tipu' penjual.

Perlu diketahui bila mobil yang pernah terendam banjir pasti akan merugikan. Meski tampak sehat, sewaktu-waktu pembeli pasti akan direpotkan sebab mobil dapat rusak tiba-tiba dan membutuhkan biaya perbaikan yang tidak sedikit.

Sebab itu pembeli diimbau mengerti dan memahami ciri-ciri mobil pernah kebanjiran. Jangan sampai Anda terjebak rayuan penjual yang terkadang tidak menjelaskan kondisi unit sebenarnya.


Berikut cara mengetahui mobil bekas banjir:

Cium aroma mobil

Ini merupakan cara tercepat untuk mengetahui apakah mobil incaran Anda bekas terendam banjir atau tidak. Kita dapat mengendus bau pada bagian interiornya.

Masuklah ke dalam mobil, tutup semua pintu dan jendela, dan duduk dalam waktu yang cukup lama. Apabila tercium bau tak sedap seperti lembab, atau malah anyir seperti bau lumpur, kemungkinan mobil itu pernah terendam banjir.

Untuk diketahui meski sudah dibersihkan, biasanya mobil yang pernah terendam banjir hingga ke masuk kabin pasti akan menyisakan bekas seperti aroma, atau bahkan noda bekas ketinggian air pada interiornya.

Cek interior dan eksterior

Sembari mengendus bau mobil, Kamu juga bisa menginspeksi bagian interiornya dengan memegang beberapa bagian. Lakukan inspeksi ke kolong jok hingga karpet mobil.

Cek juga kemungkinan karat di beberapa bagian, antaranya pada bagian kaki-kaki mobil. Selain itu kita juga dapat mengecek bagian lampu-lampu. Biasanya, lampu mobil bekas banjir akan terlihat bekas uap air seperti embun dan menempel pada kaca rumah lampu.

Apabila terdapat embun namun cangkang lampu bagus atau belum retak maupun pecah, besar kemungkinan banjir pernah merendam mobil itu dengan ketinggian air mencapai lampu tersebut.

Minta bantuan ahli

Apabila masih ragu setelah mengeceknya sendiri, minta bantuan seorang ahli teknisi untuk mendeteksinya. Mereka yang sudah terbiasa tentu lebih mengerti akan kondisi mobil yang pernah terendam dan tidak.

Tes drive

Jangan lupa untuk melakukan test drive sesaat sebelum membeli mobil. Ini untuk memastikan bahwa kondisi perangkat elektronik pada mobil masih bekerja dengan baik.

Perhatikan baik-baik sesaat setelah menyalakan mobil. Adakah suara aneh yang keluar? Jalankan mobil dalam kondisi radio menyala dan mati untuk memastikan tidak ada bunyi-bunyi aneh keluar.

Cek juga apakah ada asap keluar dari mobil ketika sedang berjalan. Nyalakan AC, wiper, dan fitur lain untuk memastikan fungsinya dapat bekerja sebagaimana seharusnya.

Cek alamat mobil

Kita juga harus memastikan asal atau domisili pemilik mobil sebelumnya. Sebab bisa saja mobil itu sebelumnya dimiliki seseorang yang domisilinya rawan banjir. Kita dapat mengetahui hal tersebut dengan mengecek surat-surat dikutip dari situs Mobil88.

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK